Mengapa Bisa Pusing dan Mual Saat Hamil Muda? Ini Penjelasan Dokter

Mengapa Bisa Pusing dan Mual Saat Hamil Muda? Ini Penjelasan Dokter

Pusing dan mual merupakan dua gejala yang paling sering menyerang ibu hamil, terutama di masa hamil muda. Kedua kondisi tersebut kerap membuat ibu hamil merasa tidak nyaman sehingga aktivitasnya pun menjadi terhambat. Meski demikian, dua keluhan tersebut memang wajar dialami oleh wanita yang sedang hamil muda.

Dijelaskan oleh dr. Grace Valentine kepada KlikDokter, pusing dan mual yang terjadi saat hamil disebabkan oleh terjadinya peningkatan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) di awal kehamilan, yakni minggu ke 6-8 dan puncaknya pada minggu ke 12-14.

Hormon hCG ini berfungsi sebagai penguat kehamilan, terutama pada usia kehamilan muda. Dengan demikian, janin dapat menempel pada rahim ibu hamil.

“Pada minggu ke-22, kondisi ibu hamil akan membaik karena tubuhnya telah beradaptasi dengan peningkatan produksi hormon tersebut,” ujar dr. Grace.

Meski kondisi tersebut tergolong normal terjadi di masa kehamilan, menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter ada satu kondisi yang harus Anda perhatikan, yaitu hiperemesis gravidarum.

Kondisi ini ditandai dengan mual dan muntal hebat. Akibatnya ibu hamil bisa mengalami kekurangan cairan, penurunan berat badan, atau gangguan elektrolit, sehingga aktivitasnya terganggu dan dapat membahayakan janin di dalam kandungan.

“Pada umumnya hiperemesis gravidarum terjadi pada minggu ke 6-12 masa kehamilan dan dapat berlanjut sampai minggu ke 16-20 kehamilan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin atasi mual selama kehamilan dengan segera agar kehamilan Anda senantiasa sehat dan janin pun bebas dari gangguan.


Berita Lainnya

Index
Galeri