Kepala BPS Kuantan Singingi Buka Pelatihan Petugas Podes 2024

Kepala BPS Kuantan Singingi Buka  Pelatihan Petugas Podes 2024

Kuansing- Badan Pusat Statistik (BPS) Kuantan Singingi melaksanakan kegiatan Pendataan Lapangan Potensi Desa (Podes) 2024.

Sebelum dilaksanakan Pendataan Lapangan Potensi Desa (Podes) 2024. BPS Kabupaten Kuantan Singingi melaksanakan Pelatihan bagi Petugas Lapangan Selama 3 hari, dengan dua metode yaitu 2 hari melalui online dan satu hari offline/tatap muka. Untuk pelatihan online dilaksanakan pada tanggal 22-23 April 2024. Kemudian untuk pelatihan offline tanggal 25 April 2024.

Untuk pelatihan offline/tatap muka di laksanakan di Hotel Kuantan, Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah.

Kepala BPS Kuantan Singingi Ir. Rozalinda, ME dalam Arahannya Podes adalah menjadi rujukan banyak pihak yang berkepentingan, oleh karena nya tantangannya adalah semakin banyak pihak yang menyoroti serta menyoroti validitas dan keakuratan data dari Podes itu sendiri.

Selanjutnya Kepala BPS Kuantan Singingi Rozalinda menyampaikan ada 8 Tujuan dari Podes di antaranya;

1. Menyediakan data yang dapat mendukung perencanaan kegiatan sensus Ekonomi 2026.

2. Sebagai sarana untuk updating Master File Desa ( MFD).

3. Menyediakan data tentang keberadaan dan Perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan yang meliputi sosial, ekonomi, sarana dan prasarana wilayah.

4. Menyediakan data bagi keperluan klasifikasi tipologi desa.

5. Sebagai sumber data pemuktahiran peta wilayah kerja statistik.

6. Menyediakan data pokok bagi penyusunan statistik wilayah kecil (small area statistik).

7. Menyediakan data bagi penyusunan berbagai analisis seperti identifikasi dan penentuan desa tertinggal, variabel konteks dalam PMT, identifikasi desa rawan bencana dan identifikasi desa yang mempunyai kesulitan geografis.

8. Menyediakan data bagi penghitungan indikator pembangunan/Kemajuan desa.

Terakhir Rozalinda berharap kepada seluruh Petugas Lapangan Podes 2024 bekerja dengan sungguh-sungguh supaya menghasilkan data yang akurat dan berkualitas.

Dengan data Podes, lanjut Rozalinda, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh, baik informasi terkait kondisi infrastruktur desa, potensi ekonomi dan sosial, potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam. Serta informasi lain yang ada di Desa/Kelurahan, termasuk potensi produk unggulan lokal yang dapat dikembangkan menjadi unit usaha kedepannya.

Semoga Pelatihan Petugas PODES 2024 ini berjalan dengan lancar. Petugas dapat menerima materi dari instruktur dan benar-benar dapat diaplikasikan di lapangan, bagaimana melakukan wawancara langsung maupun menggali/keterangan informasi (probing) dengan responden. Semuanya harus memenuhi Standard Operating Procedure (SOP) yang telah di berikan oleh Instruktur.


Berita Lainnya

Index
Galeri