Awas! 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan saat Minum Teh

Awas! 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan saat Minum Teh

JAKARTA - Teh adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Namun banyak orang tidak menyadari bahwa ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersama teh.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat minum teh.

1. Makanan pedas atau beraroma kuat

rasa makanan yang berbumbu tinggi, pedas, atau beraroma kuat dapat mengalahkan rasa lembut teh, sehingga sulit untuk mengapresiasi aroma dan rasa teh sepenuhnya. Contohnya bawang putih, bawang merah, saus pedas, kari, dan cabai.

2. Makanan asam

Makanan yang memiliki tingkat keasaman tinggi, seperti buah jeruk, dapat mengganggu penyerapan katekin atau antioksidan yang terdapat pada teh. Mengonsumsi makanan asam bersamaan dengan teh dapat mengurangi jumlah katekin yang dapat diserap tubuh. Rasa asam juga dapat mengganggu rasa teh dan membuatnya terasa kurang segar.

3. Produk susu

Susu atau krim dapat menetralkan polifenol dalam teh sehingga mengurangi manfaat antioksidannya. Namun, efek ini kurang terlihat pada teh hitam, dan beberapa orang menikmati rasa krim susu atau krim dalam teh mereka.

4. Makanan manis

Meskipun makanan manis seperti kue, biskuit, dan coklat dapat melengkapi rasa teh, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan penurunan energi dan masalah kesehatan lainnya.

Sebaiknya konsumsi makanan manis secukupnya dan padukan dengan teh yang memiliki rasa pelengkap. Kombinasi antara rasa manis yang kuat dengan teh juga dapat membuat rasa teh terasa hambar.

5. Makanan yang digoreng atau berminyak

Makanan yang digoreng atau berminyak (gorengan) bisa jadi berat dan sulit dicerna, sehingga membuat Anda merasa lesu dan tidak nyaman. Teh dapat membantu melancarkan pencernaan, namun memadukannya dengan makanan berat dapat menghilangkan manfaat ini. ***


Berita Lainnya

Index
Galeri