pengabdian kepada masyarakat dari dosen Prodi admi

penyuluhan dan pelatihan PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN MASYARAKAT DESA DI DESA MERANGKAI DALAM PENGELOLAAN,PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN USAHA EKONOMI BERBASIS POTENSI LOKAL

penyuluhan dan pelatihan PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN MASYARAKAT DESA DI DESA MERANGKAI DALAM PENGELOLAAN,PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN USAHA EKONOMI BERBASIS POTENSI LOKAL
saat sosialisasi di desa merangkai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak

Dosen Administrasi Bisnis FISIP UNRI Lakukan Sosialisasi Peningkatan Kemampuan Manajemen Masyarakat Pelaku UMKM di Desa Merangkai

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam rangka peningkatan kemampuan manajemen masyarakat desa pelaku UMKM di Desa Merangkai dalam bentuk pengelolaan, pengembangan dan peningkatan usaha ekonomi berbasis potensi lokal, Sabtu (16/12/2023).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan mengangkat fokusan kajian pemasaran, SDM dan keuangan. Kegiatan ini diketuai oleh Bapak Dr. Lie Othman, S.PI. MM.

Untuk waktu pelaksanaan, kegiatan pengabdian ini berlangsung pada tanggal 21 November 2023 di Gedung serba Guna, Desa Merangkai, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Bermula dari banyaknya potensi lokal yang dimiliki oleh Desa Merangkai namun belum dikelola secara maksimal oleh masyarakat sekitar sehingga hal ini menjadi sorotan bagi tim pengabdian Dosen Administrasi Bisnis FISIP UNRI untuk melakukan suatu upaya berupa pelaksanaan kegiatan pengabdian.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara tatap muka dan praktik langsung ke masyarakat. 

 

Adapun rincian kegiatan pengabdian ini terdiri dari penyampaian materi sosialisasi yang disampaikan oleh beberapa Dosen Administrasi Bisnis FISIP UNRI dan kemudian dilanjutkan penyampaian beberapa kendala yang dialami oleh masyarakat pelaku UMKM Desa Merangkai dan diakhiri dengan sesi tanya jawab sekaligus penyampaian solusi yang ditawarkan oleh pemateri.

Terdapat beberapa produk hasil olahan potensi lokal yang dilakukan oleh para pelaku UMKM Desa Merangkai diantaranya teridir dari tiga jenis produk yaitu produk makanan, minuman dan kerajinan.

Produk makanan dan minuman hasil olahan potensi lokal Desa Merangkai terdiri dari berbagai olahan kripik, kue basah dan jamu. Sedangkan produk kerajinan hasil olahan potensi lokal Desa Merangkai terdiri dari tas rajut dan tas eco print.

Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim Dosen Program Studi Administrasi Bisnis FISIP UNRI ini dapat menambah pemahaman para pelaku UMKM Desa Merangkai terkait manajemen usaha dalam hal pengelolaan, pengembangan dan peningkatan usaha ekonomi berbasis potensi lokal.

Program   pengabdian ini  tentunya dilaksanakan guna memberikan   solusi  terhadap   berbagai masalah   yang dihadapi   oleh para pelaku UMKM  Desa Merangkai.


Berita Lainnya

Index
Galeri