Geliat Pembangunan Desa Penyagun, Kades: Kita Fokus Bangun Infrastruktur 

Selasa, 09 April 2019 | 00:26:29 WIB
Geliat Pembangunan Desa Penyagun, Kades: Kita Fokus Bangun Infrastruktur 
Ket Foto : Kepala Desa Penyagun, Muhammad Nur.

SELATPANJANG - Tahun 2019 ini, Pemerintah Desa Penyagun Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti akan memfokuskan membangun infrastruktur di Desa, seperti jalan dan lainnya.

Kepada media, pada Senin (08/04/2019) sore, Kepala Desa (Kades) Penyagun Muhammad Nur mengatakan ada puluhan item infrastruktur yang ada dibangun di Desa Penyagun tahun ini. Di mana di antaranya ada tiga Jalan paket besar yang akan dibangun di Desa penyagun.

Untuk normalisasinya, ada Jalan Lebak dengan panjang 1001 meter, Jalan Sungai Sagang dengan panjang 1000 meter, Jalan M Ali dengan panjang 200 meter, dan Jalan Kedung Keling dengan panjang 400 meter.

"Untuk sisi Pelebaran body Jalan, kita akan bangun di Jalan Panjaitan dengan panjang 200 meter, Jalan Pelabuhan dengan panjang 370 meter," terang Kades Penyagun.

"Kita juga akan lakukan pembuatan body Jalan baru yakni di Jalan nelayan dengan panjang 60 meter," tambahnya.

Sementara itu, ada juga pembangun pada Jalan Am Nur dengan Panjang 300 meter, Jalan Pelabuhan dengan panjang 150 meter, Jalan Sialang Pulai dengan panjang 200 meter, Jalan Kuburan Dusun II dengan panjang 150 meter. 

"Kita juga akan bangun Duiker empat unit, Lapangan Volly di Dusun III, dan pembuatan MCK (Mandi cuci kakus)," jelasnya. 

Dikatakan Kades, pihaknya akan membangun desa dari segi infrastruktur jalan terlebih dahulu. Pasalnya, infrastruktur jalan merupakan langka awal dan nyata demi terlihatnya pembangunan yang ada desa. 

"Infrastruktur jalan sangat berdampak baik pada masyarakat, terutama pada anak-anak sekolah yang ada di desa yang setiap hari menggunakan jalan. Kalau jalan itu bagus maka masyarakat dan anak-anak sekolah akan senang untuk melewatinya," ucapnya. 

Diakui  M Nur, Desa Penyagun masih perlu perhatian serius dari pemerintah. Berbagai cara dan upaya dilakukan pihak desa guna meningkatkan perekonomian masyarakat mulai dari pertanian, infrastruktur, kesehatan, keterampilan, dan sebagainya guna mendongkrak ekonomi kerakyatan yang lebih baik.

Namun semua itu tidak lepas dari peran serta dan dukungan dari semua pihak terutama masyarakat setempat. Jika tidak maka semua program yang ada tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

"Untuk itu, saya meminta kepada seluruh masyarakat kiranya dapat mendukung program pemerintah dan memelihara semua wujud pembangunan yang ada agar roda pembangunan dapat terlaksana dengan baik," harapnya.

"Mudah-mudahan dengan kita memfokuskan pembangun infrastruktur di Desa Penyagun, di Tahun 2020 kita sudah tidak memikirkan masalah infrastruktur, dan kita coba fokus ke sisi yang lain," harapnya lagi. (Adv)