Sumbar Talenta Berangkat ke PSBNS 2017 Brunei Bawa Puisi Sastrawan Nasional Sastri Bakry

Sumbar Talenta Berangkat ke PSBNS 2017 Brunei Bawa Puisi Sastrawan Nasional Sastri Bakry
Rombongan Sumbar Talenta di Bandara International Minangkabau ketika akan berangkat ke Brunei. (Dok.

PADANG - Mewakili Indonesia di acara Pertemuan Sastrawan Budayawan Negara Serumpun 2017 Brunei, Sumbar Talenta pun berangkat tinggalkan Padang, hari Kamis 16/11/2017 melalui Bandara International Minangkabau (BIM) - Padang Pariaman, pada penerbangan pukul 08.30 WIB. 

Acara yang akan dihadiri oleh Sumbar Talenta ini diadakan oleh Perhimpunan Sasterawan Budayawan Negera Serumpun dalam wadah organisasi Angkatan Sasterawan dan Sasterawani (Asterawani), dan Perhimpunan Sastera Budaya Negara Serumpun (PSBNS) Brunei Chapter, dari tanggal 17-22 November 2017 di Park View Hotel - Kota Jerudong, Brunei. Sumbar Talenta berangkatkan 13 orang dalam rombongan keseniannya itu, dan kegiatan ini diikuti oleh 5 negara; Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei.

"Untuk ke Brunei, kami telah mempersiapkan beberapa pertunjukan, seperti tarian dan nyanyian. Dan Sumbar Talenta juga akan menampilkan pertunjukan spesialnya, musikalisasi puisi ‘Truth Without Fear’ karya Sastri Bakry, sastrawan nasional yang puisinya ini juga telah dipentaskan di Eropa pada bulan Juli 2017 lalu," kata Chairita Chaidir, Pimpinan Produksi Sumbar Talenta untuk tampil di Brunei ini.

Saat melepas rombongan Sumbar Talenta di BIM, Ketua Harian HWK Sumbar, Yeni Zafitri pada pidato pelepasannya mengatakan, "Semoga anak-anak Sumbar Talenta kami yang berangkat ke Brunei agar selalu menjaga kesehatan, supaya dapat memberikan penampilan terbaik. Semoga perjalanannya menyenangkan, selamat pergi dan pulangnya."

Seperti yang disampaikan oleh Chairita Chaidir, adapun nama-nama anggota dari Sumbar Talenta yang diberangkatkan pada acara PSBNS 2017 Brunei, adalah sebagaimana berikut; Syafira Salsabilla, David Putra Yudha, Putri Aulia Handayani, Gilang Dwi Nanda, Chairita Chaidir, Martalina Salim, Murni binti Ahmad Siar, Mahya Retty Mahyudin, Zusrneli Zubir, Roslainy, Haslinda, Sastri Yunizarti Bakry, dan Bu Vita Gamawan Fauzi.

Adapun pertunjukan yang akan ditampilkan Sumbar Talenta pada PSBNS 2017 Brunei dirincikan oleh Yeni Zafitri, sebagaimana berikut; Tari Marawa (David Talenta), Musikalisasi Puisi ’Truth Without Fear’ (Sastri Bakry, Gilang, Putri, Syafira, David), Lagu Risaulai (Gilang Talenta), Lagu Sabda Cinta (Putri Talenta), Dramatisasi Puisi ‘Dalam Balutan Ibu’ (Chairita, Syafira, Gilang), Tari Rantak (David Talenta), Lagu Fatwa Pujangga (Gilang Talenta), Lagu Si Nona (Sastri Bakry), Tari Piriang Malayang (David Talenta, Gilang Talenta, Syafira Talenta), dan Lagu Ayam Den Lapeh (Sumbar Talenta).

Bagi Sumbar Talenta, pertunjukan di PSBNS 2017 Brunei ini adalah pertunjukan penutup untuk di luar negeri pada tahun 2017 ini.

"Pada tanggal 16 Desember 2017 nanti akan ada acara Kemilau Budaya Indonesia bagian barat. Mengevaluasi aktivitas di tahun 2017 ini, kita menyadari persaingan semakin ketat, karena itu kita akan kembangkan kapasitas Sumbar Talenta, berbasis penguatan kelembagaan. Untuk tahun ke depan, Sumbar Talenta akan fokus konser ke daerah-daerah yang besar, dan mulai memikirkan pengembangan koperasi. Dan di tahun 2018, insya Allah kami akan menggelar Sumbar Talenta ke-13, untuk kids dan senior," kata Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt. M.Si. CA. QIA., Ketua HWK Sumbar, organisasi yang menaungi Sumbar Talenta Organization (STO).

Laporan: Muhammad Fadhli (Padang)


Berita Lainnya

Index
Galeri