Kenny Roberts Jr. Dinobatkan Jadi Legenda MotoGP

Kenny Roberts Jr. Dinobatkan Jadi Legenda MotoGP
Kenny Roberts Jr.
JAKARTA - Juara dunia 500cc tahun 2000 asal Amerika Serikat, Kenny Roberts Jr. bakal resmi jadi legenda MotoGP. Peresmian itu akan dilakukan pada Jumat mendatang di Sirkuit Austin, Texas, di sela-sela gelaran GP Amerika Serikat.
 
Roberts Jr. mengikuti jejak rekan senegaranya yang lebih dulu jadi legenda MotoGP seperti sang ayah Kenny Roberts Sr, Eddie Lawson, Wayne Rainey, Kevin Schwantz, Freddie Spencer, dan Nicky Hayden.
 
Setelah malang melintang di kelas 250cc dan 500 cc selama enam musim dengan prestasi ala kadarnya, Roberts Jr. mulai mencuri perhatian di musim 1999 saat ia mampu merebut empat seri grand prix dan jadi runner up di akhir musim.
 
Semusim berikutnya, Roberts Jr. akhirnya sukses mengikuti jejak sang ayah sebagai juara dunia kelas premier. Roberts Jr, mampu mengumpulkan 258 poin, unggul 49 angka atas rookie Valentino Rossi.
 
Sayangnya, kehebatan Roberts Jr. setelah itu seolah jadi abu. Perubahan mesin menjadi 4-tak di MotoGP ternyata tak bisa direspon dengan baik oleh Roberts Jr. dan Suzuki. Ia pun tak lagi bisa bersaing di papan atas. Dalam lima musim berikutnya di Suzuki, Roberts Jr. hanya sanggup tiga kali naik podium.
 
Roberts Jr. akhirnya menyudahi kariernya di MotoGP usai musim 2007.
 
Selain Roberts Jr., tahun ini juara dunia 1981 Marco Lucchinelli juga bakal resmi jadi legenda MotoGP. Peresmian itu akan dilakukan di Sirkuit Mugello mendatang.
 
Dengan demikian hanya tinggal empat juara dunia 500cc yang belum masuk dalam hall of fame, yaitu Leslie Graham, Umberto Masetti, Libero Liberati, dan Gary Hocking. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri