Pengumuman Pemenang Lomba Cipta Puisi HUT Pertama Riaurealita.com

Pengumuman Pemenang Lomba Cipta Puisi HUT Pertama Riaurealita.com
Logo HUT Riaurearita.com yang pertama bertema Menyatu dengan Pembaca.
PEKANBARU - Setelah melalui penilaian yang cukup ketat melalui perdebatan-perdebatan panjang, akhirnya dewan juri memutuskan para pemenang lomba cipta puisi (LCP) sempena hari ulang tahun (HUT) Pertama Riaurealita.com.
 
Ketua dewan juri, May Moon Nasution mengatakan, selain menerima puisi-puisi dari peserta dengan jumlah yang membludak, dewan juri juga harus melalui proses perdebatan sengit sehingga terpaksa menunda pengumuman para pemenang hingga Sabtu (10/9/2016) pagi ini.
 
"Atas penundaan tersebut, kami dari dewan juri memohon maaf kepada para peserta yang mungkin sudah menanti pengumuman tersebut sejak tengah malam tadi," tutur May Moon.
 
Perdebatan itu, lanjut penyair yang baru saja meluncurkan buku puisi "Pedang dan Cinta yang Mengasahnya" itu meliputi, kekuatan tubuh puisi secara utuh mulai dari makna, pola ucap hingga tanda baca.
 
Hasilnya, dewan juri memutuskan nama-nama berikut sebagai pemenang LCP HUT Pertama Riaurealita.com:
 
Pemenang utama:
Saifa Abidillah dengan judul puisi "Kuda Phoebus"
 
Dua pemenang pilihan:
1. Ganjar Sudibyo dengan judul puisi "Pendidikan Kebahagiaan"
2. Reky Arfal dengan judul puisi "Hikayat Dewa Ruci"
 
May Moon mengungkapan, puisi "Kuda Phoebus" milik Saifa Abidillah cukup kokoh. Baik itu dari segi pemilihan kata, pola ucap, dan tipografi. Selain itu, Saifa juga dinilai cukup lihai memainkan rima dalam puisinya. "Konteks religiusitas dalam puisi Saifa juga menunjukkan makna yang universal," ungkapnya.
 
Untuk puisi Ganjar Sudibyo dan Reky Arfal, dewan juri sepakat menilai dari sisi lain. "Pendidikan Kebahagiaan" terang May Moon, berhasil keluar dari 'keseragaman' naskah lainnya. 
 
"Sedangkan puisi 'Hikayat Dewa Ruci' mampu mengangkat nilai-nilai lokalitas budaya, yaitu pacu jalur yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau yang beberapa tahun belakangan jarang diangkat dalam bentuk puisi," tutupnya.
 
Untuk diketahui, dewan juri LCP HUT pertama Riaurealita.com terdiri dari May Moon Nasution sebagai ketua, Delvi Adri, dan Afandi sebagai anggota.
 
Ketua panitia, Makmur HM mengungkapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam lomba cipta puisi yang pertama kali ditaja oleh Riaurealita.com untuk merayakan HUT pertamanya ini.
 
"Kepada pemenang, kami minta segera mengirimkan nomor rekening dan scan KTP ke surel panitia, [email protected] untuk proses pengiriman hadiah," pintanya.
 
Ketua panitia juga dengan sangat menyesal menunda pengumuman penerima hadiah hiburan untuk karya 2 peserta terbanyak diklik atau dibaca hingga Sabtu, 24 September 2016 mendatang.
 
"Seperti yang sudah kami ungkapkan sebelumnya, panitia sangat kewalahan dengan membludaknya naskah yang masuk. Jadi, panitia membutuhkan waktu cukup panjang untuk menerbitkan semua naskah peserta," tuturnya.
 
Ia menambahkan, panitia akan membukukan puisi-puisi pilihan dalam waktu dekat. "Nama peserta yang akan tergabung dalam buku puisi pilihan Riaurealita.com akan dirilis awal bulan Oktober 2016," terang penulis buku puisi Algea itu. (das)
 
Baca puisi pemenang di halaman berikut:
 
 


Berita Lainnya

Index
Galeri