Iannone Juara, Dahaga Ducati Akhirnya Terpuaskan di Austria

Iannone Juara, Dahaga Ducati Akhirnya Terpuaskan di Austria
Andrea Iannone.
SPIELBERG - Dahaga kemenangan Ducati akhirnya terpuaskan di Grand Prix Austria 2016. Setelah sejak 2010 tak pernah merebut kemenangan, dua pembalapnya Andrea Iannone serta Andrea Dovizioso sukses finis satu dua, mengalahkan pesaingnya dari Yamaha, Jorge Lorenzo serta Valentino Rossi.
 
Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (14/8/2016), lima rider membuat kesalahan jump start. Cal Crutchlow, Hector Barbera, Yonny Hernandez, Alvaro Bautista, dan Stefan Bradl
 
Persaingan sengit ditampilkan enam rider. Iannone sebagai pole seater, langsung dibuntuti Andrea Dovizioso, Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Maverick Vinales.
 
Rossi yang tampil brilian di sesi kualifikasi, perlahan tapi pasti bisa merebut posisi pertama dari Iannone di akhir lap kesatu. Namun tikungan ketiga yang tampaknya cukup sulit untuk hampir semua rider, membuat Rossi melepas posisinya dan melorot ke peringkat lima. 
 
Iannone pun merebut posisi terdepan lagi sejak lap ketiga. Melorotnya Rossi dimanfaatkan dengan baik Lorenzo yang merangsek ke posisi dua. Dovi membuntuti di peringkat tiga dan Marquez naik keempat. 
 
The Baby Alien yang masih terlihat kesulitan akibat cedera bahunya, bisa kembali disalip Rossi di tikungan kesembilan. Pembalap Honda itu pun cuma bisa bertahan di posisi lima dan sibuk mempertahankan posisinya dari intaian Vinales, pembalap masa depan Yamaha.
 
Duel Iannone dan Lorenzo sempat sengit terjadi di lap keempat dan kelima. Alih-alih berhasil, Lorenzo malah kembali tersalip Dovi di lap keenam.
 
Sejak lap tersebut, perebutan posisi satu praktis jadi milik Ducati. Sementara duet pembalap Yamaha, Lorenzo serta Rossi, sibuk berduel untuk posisi tiga. 
 
Memasuki lap kesepuluh, Dovi akhirnya mengambil alih posisi terdepan dari Iannone. Posisinya Dovi, Iannone, Lorenzo, dan Rossi bertahan hingga memasuki lap ke-20. Tapi di lap ke-22, Iannone bisa merebut kembali status pemimpin race.
 
Hingga menyentuh garis finis, Iannone tak terbendung dan akhirnya keluar sebagai juara. Dovi membuntuti di peringkat dua, Lorenzo ketiga, Rossi keempat, dan Marquez serta Vinales di posisi lima dan enam.
 
Keberhasilan ini membuat Ducati mengecap podium pertamanya sejak enam tahun lalu. Terakhir kali tim yang bermarkas di Borgo Panigale itu merebut kemenangan seri balap lewat aksi Casey Stoner 2010 lalu. (max/snc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri