Balai Bahasa Riau Akan Gelar Pekan Bahasa dan Sastra 2016

Balai Bahasa Riau Akan Gelar Pekan Bahasa dan Sastra 2016
Gedung Balai Bahasa Provinsi Riau.
PEKANBARU - Balai Bahasa Provinsi Riau segera mengadakan Pekan Bahasa dan Sastra 2016 pada 1-12 Agustus 2016 di Hotel Royal Asnof, Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru. Hal itu disampaikan oleh Panitia Pekan Bahasa dan Sastra 2016, Yulita Fitriana.
 
Yulita Fitriana kepada Riaurealita.com, Rabu (20/7/2016) menyatakan dalam rilisnya, tujuan dari acara adalah meningkatkan peran dan fungsi Bahasa Indonesia (BI), terutama sebagai bahasa pengantar dan penghela ilmu pengetahuan di dunia pendidikan. Mengembangkan wawasan dan pengetahuan BI serta keterampilan peserta lomba dalam berbahasa Indonesia serta meningkatkan sikap positif masyarakat Indonesia dan khususnya di Riau.
 
Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap sastra (Melayu) Indonesia, meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap sastra (Melayu) Indonesia, meningkatkan kepedulian masyarakat pada khazanah sastra Melayu yang menjadi salah satu akar kebudayaan nasional serta mempererat silaturahmi pegawai Balai Bahasa Provinsi Riau dan masyarakat.
 
Ada enam jenis lomba di Pekan Bahasa, di antaranya adalah lomba mengajar dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk guru SD. Lomba cerdas cermat Bahasa Indonesia untuk siswa SMA. Lomba pidato untuk siswa SMA. Lomba debat mahasiswa untuk mahasiswa. Pemilihan Duta bahasa bagi remaja usia 18 hingga 25 tahun. Serta lomba Pewara untuk pegawai dari instansi/lembaga.
 
Sedangkan dalam Pekan Sastra ada lima jenis lomba dan terbatas, di antaranya lomba dendang syair kategori umum, lomba mendongeng kategori guru TK/PAUD, lomba membaca puisi kategori SLTP, berbalas pantun kategori mahasiswa, dan musikalisasi puisi kategori SLTA. Peserta dibatasi hanya 270 orang, bila telah melebihi kuota, panitia akan mengkonfirmasi saat pendaftaran ulang.
 
Ditambahkannya, ketentuan umum peserta lomba Pekan Bahasa 2016 adalah penduduk Provinsi Riau dibuktikan dengan tanda pengenal seperti KTP, SIM dan kartu mahasiswa atau pelajar. Membawa surat tugas dari instansi atau sekolah. Berpakaian sopan serta mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan tertib, dan wajib mendaftar ulang pada saat registrasi peserta.
 
"Pendaftaran peserta Pekan Bahasa dan Sastra 2016 telah dibuka mulai tanggal 16 Juni hingga 26 Juli 2016 lalu. Untuk pendaftaran peserta Pekan Sastra dibuka 15 Juli-4 Agustus 2016. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat melalui Raja Rachmawati di nomor 081276656611 atau Muthiah Hanum di nomor hp 08127620408. Panitia Pekan Bahasa beralamat di Balai Bahasa Provinsi Riau, Jalan Binawidya, Kompleks Universitas Riau," tutupnya. (mmn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri