Eksekutif dan Legislatif Sepakat, APBD Pekanbaru Berubah untuk Kemajuan Kota

Eksekutif dan Legislatif Sepakat, APBD Pekanbaru Berubah untuk Kemajuan Kota

Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa S.STP M.Si, menyampaikan Pidato Pengantar Nota Keuangan dan Rancangan Paraturan Daerah tentang Perubahan APBD 2024 dan APBD Murni 2025.

Nota keuangan itu disampaikan melalui rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama didampingi Wakil Ketua Tengku Azwendi Fajri dan Wakil Ketua Nofrizal, bertempat di gedung DPRD setempat, Senin (2/9/2024).

Dalam pidato pengantar nota keuangannya, Risnandar menjelaskan tentang gambaran secara umum APBD-P 2024, yang mana pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp3,301 triliun lebih yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,139 triliun lebih dan pendapatan transfer Rp2,161 triliun lebih.

Lalu belanja daerah Direncanakan sebesar Rp3,300 triliun lebih yang diperuntukan untuk belanja operasi, belanja modal dan belanja tidak terduga.

Kemudian untuk penerimaan pembiayaan daerah ditargetkan sebesar Rp9,034 miliar lebih dan pengeluaran pembiayaan daerah ditargetkan sebesar Rp10 miliar.

Sementara untuk gambaran umum APBD 2025, pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp3,020 triliun lebih terdiri PAD sebesar Rp1,327 triliun lebih dan pendapatan transfer Rp1,693 triliun lebih.

Sedangkan untuk belanja daerah direncanakan sebesar Rp3 triliun lebih yang diperuntukan untuk belanja operasi, belanja modal dan belanja tidak terduga.

Selanjutnya untuk penerimaan pembiayaan daerah ditargetkan sebesar
Rp0, dan pengeluaran pembiayaan daerah ditargetkan sebesar Rp20 miliar lebih.

Dikatakan Risnandar, penyusunan Ranperda Perubahan APBD 2024 dan APBD 2025 merupakan tindak lanjut atas penetapan perubahan KUA PPAS yang telah disepakati pada 28 Agustus dan 31 Agustus 2024 kemarin.

"Kami berharap kiranya kerjasama yang telah terbina dan berlangsung dengan
harmonis antara eksekutif dan legislatif dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, guna menjaga kelangsungan pembangunan daerah sesuai dengan harapan seluruh lapisan masyarakat," tutupnya.

Turut hadir di kesempatan itu Anggota DPRD Pekanbaru, perwakilan Forkopimda, Sekdako Indra Pomi Nasution, Asisten dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemko Pekanbaru. 


Berita Lainnya

Index
Galeri