Menang di Jepang, Marc Marquez Segel Gelar Juara Dunia 2018

Menang di Jepang, Marc Marquez Segel Gelar Juara Dunia 2018

JAKARTA - Pebalap Repsol Honda,  Marquez menyegel gelar juara dunia MotoGP 2018 usai memenangi balapan di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (21/10/2018). Kemenangan Marquez pada balapan kali ini tidak lepas dari nasib nahas yang dialami Andrea Dovizoso jelang race berakhir.

Dovizioso yang start di posisi terdepan sebenarnya tampil cukup agresif. Sementara Marquez yang mengawali balapan dari posisi enam mampu merangsek ke posisi tiga. Miller beruntung bisa bertahan di lap pertama. Pasalnya, pebalap asal Australia itu sempat bersenggolan dengan Johann Zarco saat start dimulai.

Andrea Dovizioso (Ducati) dan Marc Marquez (Repsol Honda) bersaing ketat di balapan MotoGP Jepang 2018. (reuters) Memasuki lap ketiga, Marquez benar-benar menekan Dovizioso dengan hanya terpaut 0,111 detik. Sementara pebalap LCR Honda Cal Crutchlow berhasil menyalip Miller di posisi ketiga.

Di lap keempat Crutchlow sukses menyalip Marquez di tikungan ketujuh. Dua lap kemudian Rossi sukses naik ke posisi empat dengan menyalip Miller. Memasuki lap keenam, balapan mulai terbentuk dengan Dovizioso, Crutchlow, dan Marquez di kloter terdepan.

Posisi tiga besar bertahan hingga lap kedelapan sebelum Marquez kembali menyalip Crutchlow di posisi kedua. Sementara Rossi cukup nyaman berada di posisi keempat meski belum mengancam posisi Crutchlow.

Memasuki lap kesepuluh, Marquez terus menekan Dovizioso. Tapi, pebalap 25 tahun itu terlihat tidak terlalu memaksakan diri. Sementara Crutchlow juga tidak mampu memberi tekanan lebih banyak ke Marquez. Satu lap kemudian Rossi melorot dua peringkat ke posisi enam setelah disalip duo Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins.

Drama terjadi di lap ke-13. Marquez sukses menyalip Dovizioso di tikungan ketujuh, tapi kemudian melakukan kesalahan dengan keluar jalur hingga masuk gravel usai melewati tikungan sembilan. Kesalahan itu berhasil dimanfaatkan Dovizioso untuk mengamblialih kembali posisi terdepan.

Dengan enam lap tersisa, Dovizioso dan Marquez semakin unggul atas Cructhlow. Pebalap asal Inggris itu tertinggal hingga 1,3 detik dari Marquez. Sementara Dovizioso hanya terpaut 0,2 detik atas Marquez.

Marquez terus menekan Dovizioso hingga akhirnya memimpin balapan di lap ke-20. Persaingan Marquez dengan Dovizioso terus terjadi hingga lap ke-23, sebelum Dovizioso melakukan kesalahan dan terjatuh di tikungan sepuluh.
Marquez akhirnya memenangi balapan MotoGP Jepang dan memastikan gelar juara dunia MotoGP 2018. Crutchlow berhasil finis kedua dan Rins merebut podium ketiga.

Marquez memastikan gelar juara dunia MotoGP kelima dalam enam musim terakhir. Ditambah gelar juara dunia 125cc dan Moto2, pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu sudah mengoleksi tujuh gelar juara dunia Grand Prix.

Hasil MotoGP Jepang 2018:

1. MARC MARQUEZ 42 menit 36,438 detik
2. CAL CRUTCHLOW +1.573 detik
3. ALEX RINS +1.720 detik
4. VALENTINO ROSSI +6.413 detik
5. ALVARO BAUTISTA +6.919 detik
6. JOHANN ZARCO +8.024 detik
7. MAVERICK VINALES +13.330 detik
8. DANI PEDROSA +15.582 detik
9. DANILO PETRUCCI +20.584 detik
10. HAFIZH SYAHRIN +24.985 detik


Berita Lainnya

Index
Galeri