KPU Rohul Musnahkan 904 Lembar Surat Suara Yang Rusak

KPU Rohul Musnahkan 904 Lembar Surat Suara Yang Rusak

PASIRPANGARAIAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) musnahkan sebanyak 904 lembar surat suara berlebih dan surat suara rusak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018, Selasa sore (26/6/2018).

Pemusnahan kelebihan surat suara‎ dan surat suara rusak sesuai berita acara Nomor: 90/ PL.03.1-BA/1406/KPU-Kab/VI/2018, tentang Pemusnahan Kelebihan Surat Suara dan Surat Suara Rusak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018.

Pemusnahan surat suara dengan cara dibakar ini dihadiri Komisioner KPU Rohul yakni Fitriati Is, Sri Wahyudi, Nofriser, Elfendri, dan Sekretaris KPU Rohul Dadang Mashur,‎ Anggota Panwaslu Rohul Gummer Siregar, Kabag Ops Polres Rohul Kompol Chairul Husin, dan Kepala Kesbangpol Rohul Masri.

Komisioner KPU Rohul di Divisi Logistik‎, Fitriati Is,‎ mengatakan pemusnahan kelebihan surat suara dan surat suara rusak untuk memastikan kepada masyarakat Rohul, bahwa tidak ada satupun surat suara yang digunakan untuk kecurangan.

Fitriati mengungkapkan 904 lembar surat suara yang dimusnahkan‎ karena berlebih dan rusak, yakni surat suara berlebih 38 lembar, surat suara rusak 866 lembar dengan rincian 832 lembar gradisi warna logo provinsi yang buram 832 lembar, surat suara mengkerut 9 lembar.

"Sedangkan surat suara yang koyak atau berlubang ada 25 lembar," jelas Fitriati Is, usai pemusnahan surat suara di halaman KPU Rohul di Pasirpangaraian, Selasa sore.

Fitriati mengaku untuk hitung surat suara berlebih dan surat suara rusak yang dimusnahkan tidak dihitung sendiri oleh KPU Rohul, namun disaksikan oleh pihak terkait, seperti Panwaslu Rohul dan Polres Rohul.

Ia mengaku surat suara berlebih dan surat suara rusak‎ dimusnahkan sesuai standar operasi prosedur atau SOP. Pemusnahan dilakukan karena kebutuhan‎ surat suara sudah sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 305.457 lembar, plus 2,5 persen surat suara tambahan di TPS atau total surat suara yang dibutuhkan 313.506 lembar.

"Artinya, kalau nanti‎ kalau tidak kita musnahkan, nanti bisa jadi akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab," ujar Fitriati dan mengaku pemusnahan surat suara ini sebagai bentuk transparansi KPU Rohul kepada masyarakat.

Terlepas itu, Fitriati mengaku KPU Rohul telah mendistribusikan logistik Pilgubri 2018 ke 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Rohul.

Fitriati mengungkapkan pendistribusian logistik Pilgubri 2018 sudah tuntas dilakukan KPU Rohul di 16 kecamatan. Di hari pertama, logistik didistribusikan di 9 kecamatan. Menyusul, di hari kedua, logistik didistribusikan di 7 kecamatan.


Berita Lainnya

Index
Galeri