Semakin Smart di Usia 234 Tahun

Kantor Baru, Kado Terindah Kota Pekanbaru

Kantor Baru, Kado Terindah Kota Pekanbaru
Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menjadi Inspektur upacara HUT Pekanbaru yang ke-234 di Tenayan Raya

PEKANBARU - Kota Pekanbaru tahun ini menginjak usia ke-234. di usia yang semakin matang ini, ibu kota Provinsi Riau ini sudah bertransformasi menjadi smartcity atau Kota Pintar. Di usia ini pula Kota Pekanbaru mendapat kado perkantoran baru di Tenayan Raya. 

Perkantoran yang cukup megah ini sudah dilaunching oleh Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT. Kompleks perkantoran yang berada di Jalan Badak Tenayan Raya ini dibangun agar pembangunan merata di Kota Pekanbaru. 

Pembangunan yang dilakukan berbanding lurus dengan, beragam prestasi sudah pernah diraih. Selain kinerja ASN-nya yang baik, pimpinan yang menaunginya juga patut diacungi jempol. 

Selain itu, ketika investasi di berbagai wilayah melambat di hampir seluruh Indonesia ternyata Pekanbaru masih membukukan investasi yang moncer di sepanjang tahun 2017. Bahkan, target investasi Rp4,7 triliun yang dibebankan ke Dinas Penanaman Modal PTSP Pekanbaru, dapat mereka tembus hanya pada Triwulan III.

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT didampingi Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi menandatangani batu prasasti peresmian perkantoran Tenayan Raya.

"Alhamdulillah investasi di Kota Pekanbaru tahun 2017 melebihi target,'' kata Muhammad Jamil SAg MSi selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru.

Karena prestasinya ini pula, Kota Pekanbaru akhirnya dinobatkan sebagai daerah tujuan investasi terbaik di Indonesia tahun 2017. Penilaian ini dilakukan tim independen, pihak swasta dan empat kementerian terkait. Penyerahan penghargaan ini dilangsungkan secara meriah di Jakarta, awal April 2018. Raihan prestasi ini menjadi momentum penting bagi Pekanbaru. 

Dengan diraihnya prestasi ini di tahun 2018, itu artinya Kota Pekanbaru berhasil mempertahankan tradisi daerah tujuan investasi terbaik di Indonesia sebanyak lima kali berturut-turut. Menurut Jamil, sejak diraih pada 2013 lalu, belum pernah satu kalipun penghargaan itu terlepas dari Pekanbaru.

''Ini bukan soal penghargaan. Ini soal bagaimana kita menjaga ritme investasi di Riau yang terus terjaga. Bagaimanapun kita harus menjaga investasi supaya tetap ditanamkan di negeri ini. Karena dengan adanya investasi maka ekonomi akan begerak, pengangguran akan berkurang,'' kata Jamil lagi.

Walikota pekanbaru Firdaus mengatakan, prestasi ini sangat berpengaruh terhadap Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru. "Semakin banyak yang berinvestasi dan pusat perbelanjaan maka pembayaran pajak dan retribusi semakin banyak pula," ucap Firdaus.

Firdaus menambahkan, kebanyakan investor yang berinvestasi di Pekanbaru ada di sektor jasa wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition) beserta investasi seperti perhotelan, kuliner, pusat perbelanjaan dan lainnya. Selain yang paling tinggi juga di sektor kesehatan, pendidikan, energi, dan lainnya.

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT bersama jajaran foto bersama di depan Gedung Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya.

"Alhamdulillah, pertumbuhan investasi di Kota Pekanbaru sekarang ini sangat tinggi. Jika dilihat dari izin yang masuk dan ruang investasi yang semakin besar maka kita meyakini pertumbuhan pada tahun ke depannya semakin tinggi. Mari kita doakan agar terus meningkat," kata Firdaus.

Kota tujuan investasi terbaik hanya satu dari puluhan prestasi yang diraih Kota Pekanbaru sepanjang tahun 2017-2018 ini. Beberapa penghargaan bergengsi lainnya juga sudah diberikan kepada Kota Smart yang Madani ini. Bahkan tercatat dalam setahun paling tidak 36 penghargaan berkelas nasional sudah disematkan kepada pemimpin Kota Pekanbaru.

Mengingat banyaknya prestasi yang diraih Kota Pekanbaru, banyak yang bertanya, apa sebenarnya yang menjadi motivasi dan inspirasi utama sehingga kota ini selalu tampil cemerlang?

Mungkin salah satu jawaban pentingnya adalah kehadiran pemimpin yang baik di tengahnya. Kehadiran duet hebat Dr H Firdaus ST MT sebagai Walikota dan H Ayat Cahyadi SSi sebagai Wakil Walikota, telah banyak memberi motivasi dan inspirasi kepada bawahannya. 

Kesantunan mereka dalam bersikap, kebijakan mereka dalam membuat keputusan, serta visi besar mereka dalam membuat arah telah membawa Pekanbaru pada jalur dan lajur yang benar. Apalagi, keharmonisan yang terjadi di antara mereka, membuat suasana nyaman dalam bekerja.

Firdaus-Ayat ternyata bukan pemimpin biasa-biasa saja. Secara pribadi prestasi mereka diakui banyak pihak. Salah satunya adalah Sang Walikota sendiri. Dr H Firdaus ST MT juga kaya akan prestasi. 

Salah satu yang terbaru adalah penobatan dirinya sebagai Pemimpin Visioner di Indonesia. Gelar ini bukan sembarangan. Karena yang meraihnya juga bukan orang sembarangan. 

Hebatnya lagi, Firdaus berhasil menjadi pemimpin visioner terbaik, mengalahkan beberapa nama hebat lainnya seperti Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dan Bupati Karang Asem I Gusti Ayu Mas Sumetri.


Berita Lainnya

Index
Galeri