Limbah PKS PCR Sebanga Tetap Mengalir ke Lingkungan masyarakat

Limbah PKS PCR Sebanga Tetap Mengalir ke Lingkungan masyarakat
Limbah dari PKS PCR masih mengalir ke Lingkungan masyarakat

MANDAU – Walaupun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis beberapa waktu lalu telah memberikan sanksi kepada Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Permata Citra Rangau (PCR) yang berada di Sebanga, kelurahan Talang Mandi, Kecamatan Mandau ternyata tetap juga masih dilanggar oleh pihak manajemen. Ini terbukti dengan adanya limbah PKS masih merembes ke lahan lingkungan masyarakat.

Berdasarkan pantauan dilapangan limbah PKS dari PCR yang berada di jalan Gajah Mada KM 3,5 Kelurahan Talang Mandi Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, masih saja merembes lingkungan yang berada di sekitar lingkungan masyarakat yang ada di Pabrik. 

Bahkan sampai 27 Mei kemarin limbah PKS PCR yang berada di posisi Kolam Limbah yang baru di perbaiki pihak perusahaan tersebut, tampak mengalir ke Media lingkungan dan terkesan ada unsur kesengajaan oleh pihak PKS PCR.

Pasalnya, dinding kolam bagian luar yang berdekatan dengan aliran anak sungai yang ada di wilayah Kelurahan Talang Mandi tersebut tidak ditinggikan atau disekat dengan sempurna dan aliran limbah tersebut diduga sudah terjadi beberapa hari lamanya.

Padahal saat DLH memberikan sanksi sesuai dengan point nomor 9 bahwa PCR harus segera membuat saluran dan/ atau bak penampung air limbah dari saluran proses produksi dan mengalirkan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) untuk mencegah rembesan air limbah ke Media lingkungan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak dijatuhkan sanksi administratif paksaan pemerintah.

Terkait sanksi tersebut, Kepala DLH Kabupaten Bengkalis H Arman, melalui Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, Wahyudin, ketika dikonfirmasi melalui sambungan selulernya oleh wartawan belum mengetahuinya. 

“Coba nanti saya konfirmasi terlebih dahulu kebenarannya. Dan maaf, saya lagi ada rapat saat ini,” singkat Wahyudin.*1

#Kabupaten Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index
Galeri