Ingin Nonton Piala Dunia 2018 di Rusia? Baca Ini Dulu...

Ingin Nonton Piala Dunia 2018 di Rusia? Baca Ini Dulu...

JAKARTA - Piala Dunia 2018 Rusia akan mulai dihelat pada pertengahan Juni mendatang. Laga tuan rumah Rusia kontra Arab Saudi di Grup A akan menjadi laga pembuka pesta sepak bola terakbar sejagat itu.

Gelaran Piala Dunia tentu menjadi daya tarik semua pecinta sepakbola diseluruh penjuru dunia, tak terkecuali bagi pencinta sepak bola tanah air.

Bahkan, tak sedikit pecinta sepak bola Indonesia datang langsung ke lokasi sekedar untuk menjadi saksi tampilnya tim-tim terbaik dunia di atas lapangan hijau.

Lalu bagaiamana caranya agar bisa pergi ke Rusia untuk menonton langsung Piala Dunia 2018. Dikutip dari Jawapos, berikut hal yang harus diperhatikan pecinta sepak bola sebelum terbang ke negeri Beruang Merah tersebut.

1. Visa

Visa tentu syarat wajib yang harus dimiliki sebelum terbang ke Rusia menonton Piala Dunia 2018. Untuk mendapatkannya, tentunya syarat pengajuannya sama seperti pengajuan lainnya.

Mulai dari mengisi formulir visa secara online, paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan ke depan, dilengkapi dengan foto diri ukuran 3 x  4 dua lembar, voucher visa, dan konfirmasi akomodasi yang dikeluarkan oleh organisasi wisata yang tersertifikasi.

Adapun biayanya untuk single-entry atau sekali kedatangan dan satu kali keberangkatan dengan durasi perjalanan 30 hari, standarnya selama 4 sampai 20 hari sekitar 70 dolar AS atau setara Rp985 ribu. Sedangkan untuk kategori kilat visa berdurasi 1 hingga3 hari dikenakan biaya 140 dolar AS atau setara Rp2 juta.

Selain itu, ada juga jenis visa double-entry yaitu dua kali kedatangan dan dua kali keberangkatan dengan durasi 30 hari. Untuk standar atau durasi 4 hingga 20 hari seharga 112 dolar AS atau setara Rp1,5 juta dan untuk kilat atau 1-3 hari harga yang dibanderol 224 dolar AS atau setara Rp3 juta.

Namun, ada kabar gembira bagi para penggemar bola yang sudah punya tiket menonton Piala Dunia 2018. Kita tidak memerlukan visa, namun cukup tunjukkan tiket dan ID penggemar (Fan ID).

ID penggemar adalah kartu khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah Rusia untuk penonton atau pengunjung Piala Dunia 2018 dengan memberi hak masuk bebas visa bagi warga asing. Kartu ini hanya dikeluarkan satu kali dan bisa dipergunakan untuk semua pertandingan.

Bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan kartu tersebut! Kunjungi situs fan-id.ru dan ikuti instruksinya. Untuk mendapatkan ini, harus ada tiket piala dunia. Kalau tidak ada ID Penggemar maka tidak bisa diproses. Proses pengajuan akan berlangsung 72 jam sejak pengisian formulir.

2. Transportasi

Saat ini tiket pesawat terbang ke Rusia jika memakai jasa Qatar Airways jurusan Jakarta – Moskow pulang pergi sekitar Rp40,8 juta.

Tiba di Rusia, kita bisa menggunakan bus, angkutan umum, dan kereta cepat untuk menuju antar kota di Rusia.

Untuk harga tiket kereta sendiri bisa menggunakan web resmi berlogo FIFA yang bisa didapatkan di eng.rzd.ru dengan harga rata-rata Rp350 ribu.

Selain kereta api, ada juga perjalanan antrar kota dengan menggunakan pesawat. Pilihannya bisa Aeroflot, Rossiya, S7, Aurora, dan maskapai Pobeda yang terkenal murah di sana.

Ingat, ada sebelas kota penyelenggara Piala Dunia 2018 di Rusia, seperti Moskow, Saint Peterburg, Sochi, Kazan, Kaliningrad, Yekaterinburg, Nizhny Novgorod, Rostov-na-Donu, Samara, Saransk, dan Volgograd.

3. Penginapan

Ada banyak pilihan yang bisa dipilih sebagai tempat menginap selama menyaksikan gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia, mulai dari hotel atau rumah-rumah warga yang disewakan.

Khusus untuk hotel, harganya kini telah dinaikkan berlipat ganda. Untuk kategori bintang 5 misalnya, harganya sudah menembus angkas Rp 13,6 juta per malam.

Sedangkan  untuk kategori hotel bintang 4 seperti punya The Ambassador Hotel, harganya kini dibanderol sekitar Rp7 juta per malam.

Sementara hotel bintang 3 ke bawah dan jenis penginapan lainnya dibanderol dengan kisaran harga rata-rata Rp2 juta per malam seperti di Hotel Baltiya di St. Petersburg.


Berita Lainnya

Index
Galeri