Terkendala APBDes dan RKP

49 Desa di Rohul Belum Cairkan Dana Desa Tahap Satu

49 Desa di Rohul Belum Cairkan Dana Desa Tahap Satu
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Rohul, Abdul Haris.

PASIRPANGARAIAN - Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2018 sudah bisa dicairkan,tetapi,masih ada 49 desa dari 139 desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) belum bisa mencairkan dana tersenut. 

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Rohul Abdul Haris, Senin (9/4/2018), mengatakan,baru 90 desa yang sudah mencairkan DD (dana desa)  tahap satu tahun 2018.

"Sudah 90 desa yang mencairkan Dana Desa tahap satu. Tinggal 49 desa lagi belum pencairan, karena terkendala APBDes dan RKP. Hanya penyusunan RAB pembangunan fisik yang seharusnya didampingi pendamping desa dimana tenaganya terbatas, sehingga bergantian," jelas Haris.

"Dana Desa tahap dua sebesar 40 persen nanti diusulkan pencairan awal Mei 2018. DD tahap satu nantinya untuk honorer perangkat desa, tahap dua 40 persen untuk fisik, kemudian tahap tiga 40 persen lagi juga untuk fisik," tambahnya.

Ditanya keterlambatan Alokasi Dana Desa (ADD) bersumber dari APBD Rohul 2018 yang belum juga dicairkan desa, Abdul Haris mengatakan ADD terlambat dicarikan hanya cuma tahapan penyaluran dari kas daerah yang belum ditetapkan, selanjutnya untuk disalurkan ke kas desa.

"Kendala Dana Desa bagi 49 desa yang belum dicairkan Dana Desa tahap satu karena adanya keterlambatan desa membuat RAB yang dilampirkan di APBDesa. Sebagian besar desa sudah memasukan, dan kita usulkan untuk pencairan dilakukan serentak," ujarnya.

Abdul Haris mengharapkan dalam waktu dekat DD tahap satu sudah bisa dicairkan 49 desa, sehingga bantuan dari pemerintah pusat tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembangunan desa serta honorer perangkat masing-masing desa.

Dorles Simbolon


Berita Lainnya

Index
Galeri