Harimau Sumatera Berkeliaran, BKSDA dan WWF Riau-Kepri Turun ke Inhil

Harimau Sumatera Berkeliaran, BKSDA dan WWF Riau-Kepri Turun ke Inhil
Tim dari BKSDA dan WWF Riau-Kepri melakukan survey terkait berkeliarannya Harimau Sumatera di pemuki

TEMBILAHAN - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan World Wide Fund (WWF) Riau-Kepri melakukan survey terkait berkeliarannya Harimau Sumatera di pemukiman warga Kanal 25 Dusun Simpang Kanan Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Jumat (2/6/2017). Selain itu, tim juga mendatangi rumah Acok dan Bahtiar yang pernah didatangi si belang.

Tim BKSDA dan WWF yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Simpang BRIPKA Erwin. A, terdiri dari Polhut BKSDA Santino Gomes, Polhut Bid Wil II BKSDA Zulkifli, Staff BKSDA Azwar Hadhibina Nasution, Bidang Netifikasi konflik satwa WWF Zulfahmi, Manager Nagasari Estate PT. THIP, Roni Paslah beserta asistennya. 

"Dalam peninjauan dan survey lapangan tersebut, Tim BKSDA dan WWF Riau-Kepri, melakukan beberapa kegiatan diantaranya mendatangi tempat yang sering didatangi binatang buas harimau itu dan meminta keterangan kepada saksi yang melihat dan merekam langsung," tutur Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Dolifar Manurung, Selasa malam (2/6/2017).

Selain itu, dia juga menuturkan bahwa tim juga memberikan penyuluhan tentang kiat - kiat menghindari gangguan binatang buas dan memberikan bunyi - bunyiaan seperti mercon dan kembang api untuk mengusir binatang buas apabila binatang buas tersebut tidak bisa dihalau lagi. 

Pada kesempatan itu, juga diingatka kepada warga agar tidak menjerat atau menyakiti binatang buas harimau atau binatang lain yang dilindungi. Kepada warga di lokasi tersebut, diimbau agar selalu waspada dan mengurangi aktifitas diluar rumah dan apabila hendak keluar rumah jangan sendiri.

"Hasil peninjauan/survey tersebut akan dilaporkan terlebih dahulu oleh tim BKSDA dan WWF, kepada pimpinannya dan untuk tindakan selanjutnya menunggu hasil kajian, dari informasi yang didapat dilapangan," tutur Dolifar. 

Direncanakan, Sabtu (3/6/2017), Kabid BKSDA Wilayah I Mulyo Utomo dan Kasat Binmas Polres Inhil AKP Lasarus Sinaga, akan berkunjung ke Kanal 25 Simpang Kanan Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran untuk meninjau langsung kucing besar, yang biasa muncul di pemukiman tersebut. (Guntur)


Berita Lainnya

Index
Galeri