Suyatno: Rohil Terparah Defisit Anggaran Sepanjang Sejarah

Suyatno: Rohil Terparah Defisit Anggaran Sepanjang Sejarah
Bupati Rokan Hilir, H Suyatno.
BAGANSIAPIAPI - Defisit anggaran terjadi hampir di setiap daerah hingga membuat ekonomi terpuruk. Namun, defisit di Kabupaten Rohil merupakan yang terparah sepanjang sejarah terbentuknya kabupaten ini.
 
Hal itu diungkapkan Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno ketika menyikapi menurunya kondisi perekonomian daerah akibat defisit anggaran, kemarin.
 
"Saya harus sampaikan dalam berbagai kesempatan tentang kondisi defisit ini, tapi perlu diketahui bahwa ini melanda seluruh negeri, seluruh Kabupaten di Indonesia mengalami hal yang sama," kata Bupati.
 
Suyatno juga beralasan bahwa Rohil mengalami defisit keuangan terbanyak, seperti tunda bayar kepada rekanan dan Organiasi Peranglat Daerah (OPD) secara keseluruhan mencapai Rp311 miliar.
 
Sementara uang yang ada dari sektor Dana Bagi Hasil (DBH) termasuk yang belum dikirim tahun lalu hanya sekitar Rp396 miliar. 
 
Suyatno megatakan, bukan hanya defisit anggaran, namun uang yang menjadi hak Rohil belum juga dikirim, bahkan sudah berkali-kali datang ke Jakarta namun belum berhasil menemui Menteri Keuangan (Menkeu).
 
"Jadi sampai saat ini masih nihil kegiatan yang sudah diprogramkan berjalan, tapi biarlah kita fokus membayar utang dulu," kata Suyatno.
 
Pemkab dan DPRD, lanjutnya, juga telah melakukan berbagai upaya, apalagi Caturwulan I sudah dikirim dan ditarik kembali oleh pusat dengan alasan kelebihan kirim pada tahun 2014 silam.
 
"Kita tahu kondisi para rekanan, kita tahu kondisi OPD tapi yakinlah kita akan berjuang agar dana dikirim sebelum lebaran tiba," kata Suyatno.
 
Ia juga meminta semua pihak terutama masyarakat Rohil memahami kondisi ini sehinga jangan sampai terjadi adanya tindakan-tindakan yang memancing keributan. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri