571 Koperasi di Pekanbaru Akan Dibekukan, Begini Ceritanya

571 Koperasi di Pekanbaru Akan Dibekukan, Begini Ceritanya
PEKANBARU - Tahun depan, setidaknya 571 koperasi di Pekanbaru segera dibekukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop-UMKM) Kota Pekanbaru.
 
Sekretaris Diskop-UMKM Kota Pekanbaru, Ardiansyah mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan surat pembekuan koperasi yang dimaksud.
 
"Pendataan sudah rampung kita laksanakan dan kini tinggal menyurati 571 koperasi itu. Rencananya Januari nanti kita akan berikan blanko isian kepada pengurus apakah koperasinya akan diaktifkan lagi atau tidak," ungkap Ardiansyah kepada Wartawan, Jumat (18/12/2015).
 
Alasan dibekukan koperasi itu kata Ardiansyah lantaran banyak anggota dan juga pengurus yang tidak paham cara berkoperasi. Selain itu disinyalir dasar berdirinya koperasi tidak untuk usaha namun untuk kepentingan lain. 
 
"Semisal untuk mendapat bantuan dari pihak yang lain," sebut Ardiansyah.
 
Banyaknya koperasi yang akan dibekukan ini ditepis Ardisyah sebagai bentuk gagalnya pembinaan yang dilakukan Diskop-UMKM Kota Pekanbaru. Justru menurutnya hal ini adalah prestasi bagi Kota Pekanbaru karena peduli dengan koperasi.
 
Ditegaskan Ardiansyah saat ini yang dibutuhkan adalah kualitas bukan kuantitas. Sementara itu untuk koperasi yang aktif di Pekanbaru sampai akhir tahun ini berjumlah 369 koperasi.
 
"Aktif disini adalah akatif secara lembaga dan aktif secara usaha, kalau salah satunya tidak berjalan maka itu disebut tidak aktig," tutupnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri