Riaurealita.com Kembangkan Platform Kolaboratif dan Interaktif untuk Laman Taman Sastra

Riaurealita.com Kembangkan Platform Kolaboratif dan Interaktif untuk Laman Taman Sastra
Taman Sastra Riaurealita.com
PEKANBARU - Sejak memasuki tahun 2017, laman Taman Sastra Riaurealita.com menunda penerbitan karya dari para penulis. Hal tersebut karena Tim IT yang menangani Riaurealita.com, 8Media Tech saat ini tengah mengembangkan platform kolaboratif dan interaktif agar para penulis dapat menerbitkan sendiri karyanya dan dapat saling berinteraksi di laman Taman Sastra (sastra.riaurealita.com).
 
Founder 8Media Tech yang juga merupakan Co-Founder Riaurealita.com, Nur Afandi menuturkan, pengembangan platform ini akan memakan waktu yang cukup panjang. "Nantinya akan ada proses uji coba terlebih dahulu sebelum diaktifkan dan dapat digunakan," katanya, Sabtu (25/2/2017) malam.
 
Pimpinan Redaksi Riaurealita.com, Makmuriyanto, S.IKom, Ahad (26/2/2017) mengungkapkan bahwa tujuan pengembangan platform ini adalah agar mepermudah para penulis dalam mempublikasikan karyanya. "Alhamdulillah, saya cek sendiri email sastra, pengirimnya mulai banyak. Artinya, di seluruh penjuru tanah air ini banyak bermunculan pecinta dunia tulis menulis, khususnya di bidang sastra," ujarnya.
 
Riaurealita.com sejak awal berdiri, kata dia, ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk cinta menulis. "Namun, tidak serta merta karya akan dapat diterbitkan secara langsung di Taman Sastra. Tetap ada tahapan kurasi terlebih dahulu dari Tim Kurator. Hal itu dilakukan salah satunya untuk perbaikan ejaan," tegas Founder Riaurealita.com itu.
 
Penulis buku puisi Algea itu juga menuturkan, nantinya penulis dapat membuat akun sendiri di Taman Sastra dan saling berinteraksi dengan penulis lain. "Akan disediakan juga kolom untuk saling memberikan komentar, kritik dan masukan terhadap karya-karya yang telah terbit," katanya.
 
Tapi sebelum hal tersebut terealisasi, lanjuntya, Redaksi Riaurealita.com memutuskan untuk kembali menerbitkan karya-karya yang telah masuk ke email redaksi. "Karena email masuk sudah menumpuk, kami memutuskan untuk menerbitkannya setiap hari mulai 1 Maret," ujarnya.
 
Sebagai ketua panitia Lomba Cipta Puisi (LCP) HUT Riaurealita.com, Dia juga ingin menyampaikan permohonan maaf terkait belum diumumkannya nama-nama penulis yang karyanya lolos untuk pembukuan puisi pilihan. "Bukunya akan diterbitkan bertepatan pada ulang tahun kedua Riaurealita.com, jadi sebelum itu akan kami umumkan nama-namanya," tutupnya. (das)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri