Pekanbaru Peraih Sekolah Adiwiyata Nasional Terbanyak se-Riau

Pekanbaru Peraih Sekolah Adiwiyata Nasional Terbanyak se-Riau
Walikota Pekanbaru H Dr Firdaus ST MT didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru Prof Zul
PEKANBARU - Kota Pekanbaru menjadi peraih penghargaan sekolah berwawasan lingkungan (Adiwiyata) tingkat nasional tahun 2015 terbanyak dibandingkan Kabupaten/Kota lain se-Provinsi Riau.
 
Terbukti dari jumlah penghargaan yang diterima oleh Para Kepala Sekolah dari Pekanbaru, yang turut didampingi Walikota Pekanbaru H Dr Firdaus ST MT, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru Prof Zulfadhil, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Zulfikri.
 
 
Penyerahan penghargaan adiwiyata ini diberikan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (14/12/2015).
 
Walikota Pekanbaru, Firdaus ST MT, menyampaikan rasa bangganya, karena tahun 2015 ini jumlah sekolah yang menjadi penerima adiwiyata meningkat dari tahun lalu. "Bahkan terbanyak di Provinsi Riau yakni ada 12 sekolah penerima penghargaan adiwiyata," ujarnya.
 
Sebenarnya, kalau dirunut tingkat kota, 88 sekolah, dari SD/MIN, SMP, SMA, SMK serta MAN, ditingkat Prvisni terpilih 29 Sekolah, dan dari provinsi yang disusulkan ke pemerintah pusat 16 sekolah, kemudian pemerintah pusat akhirnya memilih 12 sekolah sebagai peraih penghargaan berwawasan lingkungan itu.
 
Menurut Walikota apa yang diraih Pekanbaru saat ini wajar, karena  Pekanbaru memiliki jumlah penduduk yang banyak, sehingga harus jadi barometer di Riau. "Terimakasih kepada sekolah, pembimbing, juga jajaran dinas Pendidikan dan jajaran BLH yang telah menanamkan cinta lingkungan kepada generasi muda mulai dari usia dini," kata Walikota.
 
Sementara itu, Kepala Disdik Pekanbaru, Prof Zulfadil, mengatakan apa yang diraih Pekanbaru saat ini bukan tanpa perjuangan. Karena tahun lalu jumlah peraih adiwiyata hanya lima sekolah, namun tahun ini naik tajam jadi 12 Sekolah.
 
"Kini sedang demam adiwiyata di semua sekolah Pekanbaru," ujarnya.
 
Zulfadil menerangkan tahun 2015 ini jumlah sekolah di Pekanbaru yang meraih adiwiyata tingkat kota ada 88 sekolah. Dari jumlah tersebut diusulkan ke tingkat Provinsi Riau.
 
"Hasilnya sebanyak 29 sekolah dari berbagai jenjang pendidikan berhasil meraih adiwiyata tingkat Provinsi. Sementara untuk tingkat nasional kami usulkan 16 dan sebanyak 12 sekolah berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional," tutupnya. (adv/humas)


Berita Lainnya

Index
Galeri