PARLEMEN

Terlalu Lama Terbengkalai, Kondisi Dua Rusunawa di Pekanbaru Dipertanyakan

Rusunawa di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya.
PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru meminta pemerintah daerah setempat untuk memfungsikan atau menyewakan dua Rumah Susun Sederhana Sewa atau Rusunawa, yang dibangun dengan biaya Kementerian Pekerjaan Umum.
 
"Cukup banyak masyarakat yang bertanya soal rusunawa itu. Kami maunya ini segera disewakan kepada orang yang tepat," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono di Pekanbaru, Senin (23/1/2017). Sigit Yuwono menilai kedua Rusunawa ini sudah terlalu lama terbengkalai.
 
Bahkan Rusunawa yang berada di dua lokasi, yakni di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya, dan di Jalan Yos Sudarso Rumbai Pesisir, sejak dibangun hingga kini belum juga difungsikan sebagaimana mestinya.
 
Oleh karena itu, kalangan di DPRD Kota Pekanbaru, menyarankan agar fasilitas dua Rusunawa tersebut dilengkapi dan disewakan kepada orang atau warga yang tepat sesuai petunjuk yang ada. "Paling tidak Rusunawa ini tidak dibiarkan begitu saja," sebutnya.
 
Apalagi tujuan dibangunnya dua Rusunawa ini oleh Kementerian PU memang untuk mengatasi masalah perumahan bagi masyarakat kurang mampu di Pekanbaru. Karena dengan disewakan berarti membantu warga kurang mampu memiliki rumah layak huni dengan harga murah.
 
Di sisi lain Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukinan, Mulyasman, mengatakan, pihaknya belum bisa menjelaskan secara gamblang persoalan rusunawa ini, dikarenakan baru dilantik pada Organisasi Perangkat Daerah baru.
 
Ia mengakui pihaknya sudah melihat dua Rusunawa tersebut namun belum bisa membuat keputusan karena harus menunggu laporan secara rinci dari bawahannya. "Laporan keseluruhannya belum saya terima, jadi masih setengah-setengah. Saya pastinya tidak bisa langsung bersikap, terlebih kita OPD baru, dan juga pejabat baru," ujarnya.
 
Saat ditanya kondisi rusunawa dalam situasi memprihatinkan dan harus dilakukan perbaikan ulang, Mulyasman membantah dan menyebut semua masih dalam situasi normal. "Tidak ada masalah berarti, tetapi tentu semua fasilitas harus dipastikan lengkap, sebelum disewakan," katanya mengakhiri. (max/ant)
 



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video