Loading...
RIAU

Ribuan Koperasi tak Aktif di Riau segera Dibubarkan

Logo Koperasi Indonesia.
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mengisyaratkan membubarkan koperasi yang tercatat sudah tidak aktif sebagai wujud tindak lanjut program reformasi total koperasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM sejak dua tahun terakhir.
 
"Saat ini secara nasional koperasi yang tidak aktif tercatat  212.000 unit, khusus di Provinsi Riau koperasi yang terdaftar 5.185 unit, namun yang aktif hanya 3150 unit," kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau Dahrius Husin di Pekanbaru, Ahad (22/1/2017).
 
Ia mengatakan koperasi tidak aktif itu disebabkan banyak faktor, di antaranya tidak melakukan rapat anggota tahunan (RAT) yang seharusnya dilakukan setahun sekali.
 
Kemudian juga disebabkan minimnya aset dimiliki koperasi, usaha yang hanya sekedarnya saja, koperasinya tidak berkembang, adanya pergantian pengurus serta sumber daya manusia yang tidak memadai.
 
Oleh sebab itu, banyak koperasi yang telah dibubarkan dan akan ditutup guna mewujudkan koperasi yang berkualitas. "Kami telah menyampaikan terkait pembubaran ini kepada koperasi yang ada di kabupaten maupun kota yang ada di Riau," ujarnya.
 
Ia mengatakan koperasi yang tidak aktif bertahun-tahun dicatat sebagai koperasi yang telah dibubarkan. Namun, lanjutnya koperasi yang masih bisa diperbaiki akan dilakukan rehabilitasi, reorientasi, dan pengembangan koperasi.
 
"Bagi mereka yang merasa koperasinya masih aktif, tetapi tercatat sebagai koperasi yang telah dibubarkan atau akan dibubarkan dapat mengajukan pengaduan secara on line ke website kepada Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, dan pengaduan ini diberi waktu selama enam bulan terhitung sejak Oktober 2016 lalu," paparnya. (Max/Antara)
 



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video