Ingat! Malam Ini Undian Piala Eropa 2016, Simak 5 Fakta Pentingnya

Ingat! Malam Ini Undian Piala Eropa 2016, Simak 5 Fakta Pentingnya
JAKARTA - Undian Piala Eropa 2016 akan dilakukan Sabtu malam ini di Paris, Prancis. Inilah sejumlah fakta tentang undian turnamen yang akan digelar Juni-Juli tahun depan itu.
 
1. Tak seperti Piala Eropa sebelumnya yang hanya diikuti 16 peserta, kali ini ada 24 negara peserta, termasuk tuan rumah Prancis. Mereka akan dibagi menjadi enam grup.
 
2. Ada empat kategori unggulan dalam undian nanti. Anggota setiap grup akan diambil dari setiap pot, sehingga nantinya tiap grup berisi empat peserta. Sebagai tuan rumah, Prancis sudah dipastikan masuk di Grup A. Karena itu, mereka tidak lagi masuk dalam pot 1.
 
3. Berikut ini daftar unggulan selengkapnya:
pot 1 - Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, Belgia;
pot 2 - Italia, Rusia, Swiss, Austria, Kroasia, Ukraina;
pot 3 - Republik Cek, Swedia, Polandia, Romania, Slovakia, Hungaria;
pot 4 - Turki, Republik Irlandia, Islandia, Wales, Albania, Irlandia Utara.
 
4. Proses pengundian akan dipandu oleh sejumlah mantan pemain atau pelatih yang pernah menjuarai Piala Eropa. Mereka adalah Ruud Gullit (Belanda, 1988); Bixente Lizarazu (Prancis, 2000); Oliver Bierhoff (Jerman, 1996); Angelos Charisteas (Yunani, 2004); Antonín Panenka (Republik Cek, 1976); David Trezeguet (Prancis, 2000); dan Vicente del Bosque (pelatih Spanyol, 2012).
 
5. Dalam Piala Eropa kali ini, ada Albania, Islandia, Irlandia Utara, dan Wales yang akan menjalani debut. Selain itu, ada tiga negara yang pernah lebih dari sekali menjadi juara, yakni Jerman dan Spanyol tiga kali, serta Prancis dua kali. (tmp)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri