Transparansi Informasi Publik, Pemprov Riau Implementasikan E-Goverment

Selasa, 20 Desember 2016 | 16:50:46 WIB
Transparansi Informasi Publik, Pemprov Riau Implementasikan E-Goverment
Ket Foto : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman minta pelayanan publik diberikan sesuai prosedur yang jelas
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah meluncurkan e-Government tahun lalu. Saat ini, Pemprov Riau terus melakukan penerapan e-Governmant ini untuk menjawab keinginan masyarakat Riau tentang keterbukaan, dan transparansi informasi publik secara maksimal.
 
Penarapan e-Governmet ini diharapkan partisipasi publik dalam melakukan kontrol dan memberi masukan terhadap program kerja pemerintah. Sehingga, pemerintah bisa meningkatkan kinerja.
 
"Salah satunya adalah melalui e-Government ini, jika masyarakat tidak tahu, bagaimana mereka bisa ikut berpartisipasi, salah satunya adalah melalui penerapan e-Government ini," kata Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman beberapa waktu lalu.
 
Kunjungan Kerja Menpan RB Asman Abnur ke Provinsi Riau di dampingi Gubernur Riau dan Kepala SKPD meninjau penerapan layanan pemerintah
 
Gubri mengakui, masih ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum melaksanakan program ini. Tapi, ke depan, seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Riau akan menerapkan program ini. Kepala SKPD juga diminta serius mempersiapkan agar bisa terintegrasi dengan e-Government.
 
Terlebih, untuk penerapan e-Government ini, sosialisasi dan pelatihan pada SKPD sudah dilakukan. Bahkan, hasil survey tim percepatan e-Government Pemprov Riau pada pemantapan dan pelatihan teknis e-office, dapat disimpulkan bahwa penerapan e-Goverment Pemprov Riau sudah dapat diimplementasikan.
 
"Melalui Goverment Service Bus, yaitu : e-Kepegawaian, e-Keuangan, e- Monev, e-LPSE, e-ULP, SDDKD, e-Profil Kesehatan, e-simpel, dan e-Planning," terangya.
Riau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah menjalankan e-Government. Semua sistem pemerintahan termasuk berkaitan dengan informasi publik.
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI  Asman Abnur juga mengusulkan Pemprov Riau menjadi percontohan penerapan e-"government" atau pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka peningkatan pelayanan publik melalui logo Riau Go IT.
 
"Implementasi pelayanan publik dengan penerapan teknologi sudah tercermin di Riau. Saya minta pak gubernur Riau untuk siap-siap karena provinsi ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lain," kata Asman Abnur saat berkunjung di Riau.
 
Menpan-RB mengatakan, implementasi pelayanan publik dari penerapan e-government merupakan salah satu langkah dalam program percepatan reformasi birokrasi yang diinstruksikan Presiden RI, Joko Widodo.
 
"Kesadaran sudah dimulai dari pimpinan daerahnya, seperti di Riau Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) penerapan teknologi dalam pelayanan di Samsat dan pelayanan SIM serta gubernur Riau di Badan pelayanan perizinan terpadu (BP2T)," tutupnya. (adv)