Peluang Peningkatan Sektor Perikanan dan Kelautan

Perikanan dan Kelautan Berpotensi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Perikanan dan Kelautan Berpotensi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
MoU Andon tentang Penangkapan Ikan, Budi Daya dan Pemasaran Hasil Perikanan. antara Kepala Dinas K

PEKANBARU - Sumber Daya perikanan di Provinsi Riau bisa menjadi salah satu andalan penggerak perekonomian dan pembangunan daerah. Sumber Daya perikanan ini meliputi perikanan air tawar dan potensi perikanan laut yang terhampar luas di sepanjang garis pantai dan pulau-pulau di wilayah Riau.

Pemerintah Provinsi Riau terus mengembangkan sub sektor perikanan ini dengan bersinergi dengan Kabupaten dan Kota. Sasarannya jelas, salah satunya peningkatan konsumsi ikan dalam negeri. Sehingga memperoleh devisa dengan cara ekspor hasil tangkapan, menyediakan bahan baku perikanan, peningkatan kesejahteraan nelayan dan sekaligus juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja.
 
"Dengan berkembangnya sub sektor ini tentu diharapkan pula membawa dampak positif terhadap peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat," kata Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman beberapa waktu lalu.
 
Gubri Bersama Deputi Kementrian Kelautan & Perikanan RI Tinjau Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Dumai
 
Peranan sektor perikanan cukup penting dalam perekonomian di Provinsi Riau. Untuk itu berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah provinsi Riau untuk meningkatkan peluang di sektor perikanan dan kelautan. Hal ini didukung oleh letak Provinsi Riau yang sangat strategis dan menguntungkan. 
 
"Peluang itu harus bisa dimanfaatkan secara optimal dan maksimal dalam pengembangan sektor perikanan yang membawa dampak langsung kepada ekonomi masyarakat daerah ini. Justru itu, Dinas Perikanan dan Kelautan sebagai leadingsector, harus mampu menyajikan data-data potensi perikanan secara akurat, benar dan menyeluruh," papar Gubri.
 
Data dari Dinas Perikanan Provinsi Riau, sektor perikanan memberikan kontribusi yang cukup penting terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Riau. Sejak satu dasawarasa terakhir hingga kini, sektor perikanan memberi konstribusi lebih dari 2,06 persen terhadap PDRB.
 
Gubri Bersama Deputi Kementrian Kelautan & Perikanan RI Tinjau UPT Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Dumai
 
"Dengan demikian Sektor perikanan merupakan pemberi konstribusi kelima pada sektor pertanian, setelah sub sektor tanaman bahan makan, tanaman perkebunan, perternakan dan hasil-hasilnya serta kehutanan," jelasnya.
 
Budidaya perikanan laut termasuk perikanan tangkap, mencakup kabupaten/kota  yang mempunyai wilayah laut dan pesisir seperti Indragiri Hilir, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Rokan Hilir dan Kota Dumai. Sedangkan budidaya perikanan air tawar bisa dikembangkan di Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kampar dan Rokan Hulu.
 
"Selain minyak dan gas, sektor perikanan harus menjadi sektor unggulan bagi Provinsi Riau untuk jangka pendek dan ke depannya. Sektor strategis ini perlu mendapatkan perhatian serius untuk lebih dikembangkan secara profesional. Targetnya jelas yakni, penggalian potensi perikanan secara optimal, peningkatan produksi secara maksimal dan berkesinambungan dengan sasaran akhirnya adalah untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Lancang Kuning ini," papar Gubri.
 


Berita Lainnya

Index
Galeri