Bupati Amril: Jaga dan Lestarikan Nilai Budaya dan Kearifan Lokal

Bupati Amril: Jaga dan Lestarikan Nilai Budaya dan Kearifan Lokal
Bupati Bengkalis Amril Mukminin disambut saat menghadiri pengukuhan pengurus Majelis Suku Sakai Riau
BENGKALIS - Untuk mewujudkan visi Kabupaten Bengkalis tahun 2016-2021, yakni, sebagai model negeri maju dan makmur di Indonesia, salah satunya didasari keluhuran budaya masyarakat berbilang kaum di daerah ini. Mengingat, nilai budaya masyarakat memiliki kekayaan yang besar untuk menyukseskan pembangunan.
 
“Berkaitan dengan itu, kepada pengurus majelis Suku Sakai Riau masa bakti 2016-2021, serta seluruh masyarakat Suku Sakai, lebih-lebih yang ada di daerah ini, kami berharap nilai-nilai budaya atau keraifan lokal yang dimiliki, agar senantiasa dijaga, sehingga tetap lestari,” ungkap Bupati Amril Mukminin menegaskan, Kamis (3/11/2016) pada acara pelantikan pengurus Majelis Suku Sakai Riau, masa bakti 2016-2021, di halaman Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Mandau, Kamis (3/11/2016).
 
Apalagi saat ini, kata Amril, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, zaman berkembang sangat pesat dan sudah tidak ada batasnya lagi. Selain sisi positif, perkembangan itu, suka atau tidak suka, juga berdampak negatif serta dapat menggerus dan melunturkan semangat serta upaya-upaya pelestarian yang dilakukan. perkembangan yang dapat kian menjauhkan bahkan memutus mata rantai keterkaitan masyarakat Suku Sakai dengan budayanya sendiri. 
 
“Siapapun kita, tentu tidak ingin sebuah komunitas di daerah ini, lebih-lebih generasi mudanya, menjadi asing dengan budaya dan jati diri yang dimiliki komunitasnya sendiri,” ujar suami Kasmarni itu. 
 
Dalam upaya melestarikan budaya dimaksud, Amril mendorong Majelis Suku Sakai Kepemimpinan Suhardi, agar membuat inovasi, melakukan sinergi dengan organisasi terkait, misal LAM Riau, agar nilai-nilai seni dan budaya yang dimiliki, tetap terpelihara dan dapat diwariskan kepada generasi muda secara turun temurun. Harus senantiasa berdampingan dengan kemajuan dan perkembangan zaman, termasuk pembangunan di daerah ini, bukan justru sebaliknya.
 
“Semoga amanah yang dipercayakan ini, bukan saja dapat semakin memajukan organisasi ini, tetapi juga kian berkontribusi bagi seluruh Masyarakat Sakai, bagi percepatan keberhasilan seluruh aspek pembangunan di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Bengkalis, Negeri Junjungan, yang sama-sama kita cintai ini,” ujar Amril Mukmini. 
 
Turut hadiri dalam acara pengukuhan itu, Wakil Ketua DPRD Bengkalis Kaderismanto, anggota DPRD Bengkalis Abi Bahrum, Edi Budiyanto dan Zulkifli, Kabag Ops Polres Bengkalis Kompol Yudhi Valmi, Camat Mandau Djoko Edi Imhar, Camat Pinggir Fahrizal, Kapolsek Mandau, Kapolsek Mandau Kompol Ricky Ricardo, Danramil Mandau, Kapt Inf Y Mandorfa, sejumlah tokoh masyarakat dan pengurus paguyuban se-Kecamatan Mandau. (ade/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri