Reklame Neon Box Ilegal di Pekanbaru Sudah Dibongkar

Reklame Neon Box Ilegal di Pekanbaru Sudah Dibongkar
Lima tiang reklame neon box sebelumnya berdiri di atas trotoar, tak jauh dari traffic light Jalan So

PEKANBARU - Beberapa tiang reklame ilegal yang sebelumnya berdiri di atas trotoar, bahkan ada yang berdiri di atas dinding drainase di Kota Pekanbaru sudah dibongkar.

Pantauan di lapangan, Selasa (18/10/2016) tiang reklame yang berada di persimpangan traffic light Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Durian sudah tak ada di posisi semula. Di lokasi ini, sebelumnya berdiri lima buah tiang reklame jenis neon box.

Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian saat dikonfirmasi menyebutkan reklame ilegal tersebut memang sudah dipotong. Namun yang memotong reklame itu bukan Satpol PP Pekanbaru.

"Itu bagian strategi kita. Pemilik yang bongkar,” kata dia.

Ditanya bagaimana tiang-tiang reklame ilegal yang masih ada di beberapa ruas jalan lainnya, Zulfahmi meminta agar pemilik segera yang membongkar. Pasalnya, untuk membongkar itu, ia mengaku pihaknya tidak memiliki anggaran.

“Kita yang bongkar kita tidak ada seninya. Lagi pula belum punya anggaran untuk itu,” ujarnya.

Zulfahmi meminta kepada seluruh pemilik usaha memenuhi izin agar tidak ditindak. Ia mengimbau mereka patuhi aturan sesuai dengan ketentuan.

“Saya minta mereka mentaati aturan yang ada. Izin wajib urus izin dan bajak bayar pajak," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, setidaknya ada sekitar 30 tiang reklame yang berdiri ilegal di Kota Pekanbaru. Berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 24 Tahun 2013 tentang penyelenggaran reklame di Pekanbaru, diatur secara rinci terkait penempatan bangunan reklame.

Pada Bab IV tentang Perencanaan Teknis Bangunan Reklame Bagian Kedua tentang Penempatan Bangunan Reklame ayat 5 poin 1A disebutkan bahkan reklame harus ditempatkan di luar bahu jalan atau trotoar dengan jarak paling dekat 1 (satu) meter dari tepi paling luar bahu jalan atau trotoar. (das)

 

 

 


Berita Lainnya

Index
Galeri