Molor, Puskesmas Wisata Kota Pekanbaru Senilai Rp4,3 Miliar Akhirnya Diresmikan

Molor, Puskesmas Wisata Kota Pekanbaru Senilai Rp4,3 Miliar Akhirnya Diresmikan
Walikota Pekanbaru Firdaus saat meninjau Puskesmas Wisata beberapa waktu lalu.
PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru resmi membuka pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas Wisata yang berlokasi di Jalan Tengku Umar.
 
"Secara fungsional Puskesmas Wisata telah berjalan selama satu bulan belakangan ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Helda S Munir saat peresmian layanan kesehatan gratis ini di hadapan walikota, Kamis (13/10/2016).
 
Menurut Helda Puskesmas Pekanbaru Kota atau lebih dikenal dengan sebutan Puskesmas Wisata di Jalan Tengku Umar ini peresmiannya sudah molor dari jadwal yang diharapkan.
 
Semua dikarenakan terbatasnya anggaran Pemko. "Akhirnya Puskesmas ini resmi beroperasi," kata dia usai mendampingi Walikota Pekanbaru, Firdaus, usai melepas balon ke udara.
 
Puskesmas wisata Pekanbaru ini, sebut Helda S Munir meski masih berstatus puskesmas, namun telah melayani Unit Gawat Darurat selama 24 jam. "Ini untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Kalau fasilitas kesehatan tingkat pertama bagus, jadi tidak perlu lagi rujukan ke rumah sakit," terang Helda.
 
Menurut dia Puskesmas yang dibangun menggunakan APBD Kota Pekanbaru tersebut menghabiskan dana Rp4,3 miliar. "Anggaran tersebut murni untuk pembangunan infrastruktur, belum termasuk pengadaan alat kesehatan," tegasnya.
 
Bentuk puskesmas yang dibangun itu diluar standar, melainkan karya inovasi dari Pemko Pekanbaru. "Pembangunan menggunakan anggaran 2015, namun perencanaannya sudah dibuat sejak tahun 2014," katanya lagi.
 
Dengan membangun bentuk fasilitas di luar protap tersebut merupakan sebagai cambuk untuk Pemko agar memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk ke depannya. "Bentuk fisik ini sebagai wujud kepedulian pemko dalam sisi konstruksi," tegas Helda menambahkan.
 
Dijumpai di tempat yang berbeda, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan pembangunan Puskesmas ini mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai bentuk membangun SDM Kota Pekanbaru yang sehat.
 
Puskesmas dalam tujuannya membangun kesehatan masyarakat fungsinya memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagamana harus hidup dalam pola hidup bersih dan sehat.
 
Konstruksi bangunan Puskesmas yang terbilang sangat memadai setidaknya masyarakat kota Pekanbaru yang berobat bisa sekaligus berefresing dengan adanya beberapa taman dan penghijauan di sekitar Puskesmas.
 
"Puskesmas ini mengajarkan masyarakat untuk preventif, juga mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dalam bentuk apapun, karena itu lebih mudah dari pada mengobati," katanya lagi. (max/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri