PEKANBARU

DBD Tinggi, PMI Pekanbaru Perbanyak Stok Trambosit

M Noer MBS

PEKANBARU - Palang Merah Indonesia (PMI) menambah persediaan trambosit. Penambahan trambosit mengingat tingginya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Pekanbaru yang mencapai hampir 800 kasus. 

"Trambosit akan turun jika terserang DBD. Maka persediaan trombosit di  PMI Pekanbaru juga mulai diperbanyak," kata Ketua PMI Pekanbaru, M Noer MBS di Pekanbaru, Selasa (11/10/2016).

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru ini, permintaan bantuan kasus DBD di PMI lebih banyak untuk kebutuhan trombosit. Untuk itu, selain menyediakan darah, PMI juga menyediakan trambosit.

"Untuk mempermudah masyarakat kami juga tidak mengharuskan darah tersebut harus diganti saat itu juga,” kata M Noer.

Saat ini di PMI Pekanbaru juga sudah memiliki alat  canggih yang bisa memisahkan darah dengan trombosit secara otomatis. Diharapkan ini bisa mempercepat pelayanan kebutuhan trombosit bagi pasien kasus DBD.

Tapi, sejauh ini permintaan trombosit di PMI Pekanbaru masih terbilang normal. "Biaya operasionalnya cukup tinggi namun kita sangat butuh apalagi di saat kasus DBD sedang tinggi,” kata dia.

Rencananya dalam waktu dekat, M Noer sendiri akan mencoba mendonorkan trombositnya di PMI Pekanbaru sekaligus melakukan uji coba alat transfusi trombosit.

“Saya akan mencoba juga untuk diambil trombosit. Selain itu juga PMI mencari sendiri pendonor trombosit dan darah,” imbuhnya. (das)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video