Inovasi TIK Layanan Pemerintahan Dalam Rangka Mend

Gebrakan Pemerintah Menuju Smart Province

Gebrakan Pemerintah Menuju Smart Province
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman Menekan Tombol Lounching Riau Go. IT pada Upacara Peringatan Hut Prov

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah meluncurkan inovasi baru untuk menjalankan roda pemerintahan dan melaksanakan program pembangunan. Inovasi itu sistem pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT) atau e-goverment dengan Tagline "Riau Go IT". Dengan inovasi teknologi informasi yang telah tersedia mesti dimanfaatkan dan digunakan semaksimal mungkin dalam mendukung pelaksanaan Riau Go IT ke depannya. 

Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman mengatakan bahwa penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan pemerintah, baik di Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota telah mengalami kemajuan sangat pesat. Pada tataran birokrasi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi trend baru, diawali dengan munculnya isu electronic government (e-Goverment) yaitu pemerintahanyang berbasis elektronik. 
 
Seluruh SKPD se-Provinsi Riau sudah menerapkan e-Government, melalui sistem yang dibangun yakni Riau Go IT. Dimana sistem ini dapat terintegritas di seluruh SKPD. Untuk diketahui, e-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya. Mulai dari urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-government intinya adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien. Karena itu, demikian Andi Rachman, ada dua hal utama dalam pengertian e-Government, salah satunya adalah penggunaan teknologi informasi seperti internet sebagai alat bantu.
 
Gubri, Kapolda, Sekda Prov Riau Dampingi Menpan RB RI Kunjungan di Gedung Menara Lancang Kuning.
 
Ada beberapa tujuan dalam penerapan inovasi ini, seperti memperpendek jarak pengurusan administrasi, menuju smart province, serta tingkatkan skill aparatur. "Riau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah menjalankan e-Government. Semua sistem pemerintahan termasuk berkaitan dengan keterbukaan informasi publik telah dijalankan," kata Gubri.
 
Bahkan, IT provinsi Riau mendapat pujian. Berkat sistem pelayanan berbasis informasi teknologi (IT) atau e-Government di Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintahan Provinsi Riau yang lebih efisien dan efektif, trasnparan dan memperluas akses publik memperoleh informasi, mendapat apresiasi pujian dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI, Asman Abnur. Apresiasi itu disampaikan Menpan-RB saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau. 
 
"Saya tidak mengira Pemprov Riau sudah menggunakan IT dalam sistem pelayanannya. Saya tadi sudah minta sama pak Gubernur, agar sistem pelayanan di Riau dapat menjadi percontohan buat provinsi lainnya," kata Menpan-RB  Asman Abnur SE MSi belum lama ini.
 
Gubri, Kapolda, Sekda Prov Riau Dampingi Menpan RB RI Kunjungan ke BP2T di Gedung Menara Lancang Kuning 
 
Menpan juga meminta sistem Riau Go IT yang dimiliki Pemprov Riau dapat diaplikasikan kabupaten/kota se-Indonesia, terutama daerah-daerah yang ada di Riau. Karena dengan adanya sistem pelayanan online masyarakat akan lebih mudah memperoleh informasi. Dengan IT masyarakat yang mengusus perizinan, petugas tidak lagi harus bertemu pimpinan. 
 
Tapi, kata Menpan, pimpinan berfungsi sebagai pengambil keputusan, dan mengontrol jalannya pelayanan, jika ada aduan masyarakat bisa langsung tekan tombol aduan yang telah tersistem. Jadi lanjut Menpan, kepala daerah dan SKPD bisa langsung mengontrol, apa-apa saja yang menjadi keberatan masyarakat untuk diperbaiki. 
 
Apa yang telah dilakukan Pemprov Riau dikatakan Menpan sudah sesuai dengan imbauan Presiden yang disampaikan dengan Menpan-RB. Kata Menpan, Provinsi Riau sudah melangkah lebih maju dibanding daerah lain. Ia juga minta Pemprov Riau terus berinovasi dalam menciptakan sistem pelayanan lebih baik. "Kalau sistem IT yang diterapkan Pemprov Riau dapat ditularkan di seluruh Indonesia, maka pelayanan yang selama ini diimpikan Presiden Joko Widodo dapat terwujud. Namun semua itu sebut tergantung kesadaran kepala daerah tentang pentingnya IT," kata Menpan.
 


Berita Lainnya

Index
Galeri