REGIONAL

Hari Pertama MTQ ke-41 Bengkalis, Sejumlah Lomba Langsung Digulirkan

Peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis tengah serius mengikuti lomba kaligrafi. (hms)
BENGKALIS - Hari pertama Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis yang pelaksanaannya dipusatkan di kecamatan Rupat Utara, Ahad (25/9/2016), sejumlah cabang mulai dilombakan.
 
Perlombaan digelar di sejumlah tempat, seperti cabang tilawah golongan anak-anak dan tartil di masjid Nurul Huda Tanjung Medang, tilawah golongan remaja dan dewasa di astaka lapangan Gedung Medang Perkasa. Kemudian, seluruh cabang khattil quran terdiri dari golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer perlombaannya di SMP Negeri 1 Rupat Utara.
 
"Dalam perlombaan kaligrafi ini para peserta diberikan waktu untuk membuat naskah selama tujuh jam. Sedangkan untuk membuat hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer selama delapan jam. Jadi kita beri waktu yang cukup lama untuk peserta itu sendiri," ujar ketua dewan hakim khattil quran, Subandi. 
 
Dijelaskan Subandi, cabang MTQ yang menampilkan keindahan tulisan Alquran ini tidak menggunakan sistem penyisihan, melainkan langsung dinilai dan hasilnya akan diumumkan nanti pada malam penutupan, Kamis (29/9/2016).
 
Lomba lainnya adalah babak penyisihan Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur'an (M2IQ) di SD Negeri 2 Tanjung Medang. Pantauan dilapangan, pelaksanaan lomba M2IQ sendiri dilakukan dengan menyusun karya tulis berupa makalah tentang isi kandungan Al-Qur'an dengan menggunakan mesin ketik. 
 
"Aturannya memang tidak bisa menggunakan komputer, jadi waktu yang diberikan selama delapan jam harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menyusun makalah ini," terang ketua dewan hakim M2IQ, Prof Samsul Nizar.
 
Dikatakan Samsul Nizar, MTQ tahun ini peserta M2IQ berjumlah 15 orang, yang tidak mengutus pesertanya adalah LPTQ kabupaten Bengkalis, sedangkan kecamatan Pinggir hanya mengutus putranya saja.
 
"Mengingat sejumlah dewan hakim M2IQ jadwalnya berbenturan, babak final atau presentasi makalah akan kita undur dari jadwal semula, tidak Senin (26/09/2016) pagi, melainkan diundur siang atau malamnya" jelas ketua STAIN Bengkalis tersebut.
 
Untuk diketahui, MTQ kabupaten Bengkalis yang kali pertama digelar di Rupat Utara ini akan berlangsung hingga Kamis (29/9/2016) dan diiikuti delapan kecamatan dan LPTQ dengan peserta 270 orang. 
 
Terdiri dari Bengkalis (33 orang), Bantan (33), Bukit Batu (33), Siak Kecil (33), Mandau (32), Pinggir (34 orang), Rupat (29), LPTQ (13) dan Rupat Utara (30). (das/hms)
 





Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video