Lepas JCH Bengkalis, Bupati Amril: Kesehatan Modal Utama

Lepas JCH Bengkalis, Bupati Amril: Kesehatan Modal Utama
Bupati Amril Mukminin memberi sambutan saat pelepasan JCH Bengkalis di Batam
BATAM - Kesehatan modal utama untuk melaksanakan ibadah, termasuk dalam menunaikan ibadah haji. Untuk itu, setiap jamaah calon haji (JCH) senantiasa menjaga kesehatan, apalagi tahun ini diperkirakan cuaca di Arab Saudi jauh lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya.
 
"Setiap JCH harus pandai membawa diri. Jaga pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, minum air yang cukup dan melakukan aktivitas seperlunya, sehingga tidak menguras tenaga. Kalau perlu dan dirasa tidak mengganggu pelaksanaan ibadah, jangan malu membawa air minum kemana pergi," pesan Bupati Bengkalis Amril Mukminin.
 
Amril mengingatkan itu ketika melepas secara resmi JCH Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) IV Embarkasi Batam, Jum'at (12/8/2016) pagi. Acara pelepasan itu dilaksanakan di Aulah Arafah 2 asrama haji Batam Center, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.
 
Dia juga tak lupa mengingatkan, agar seluruh JCH diharapkan benar-benar mempelajari manasik haji. Fokus kepada rukun wajib haji dan tidak memforsir ke ibadah sunnah. Pasalnya, sebagai JCH yang termasuk dalam Kloter yang lebih awal diberangkatan ke tanah suci, seluruh JCH Kloter IV ini juga baru akan wukuf sekitar satu bulan ke depan.
 
Jadi harus bisa menjaga diri, agar rukun-rukun haji tidak terganggu," imbuhnya, sembari berpesan agar tidak lupa menggunakan masker agar tidak mudah terserang penyakit saluran pernapasan
 
Ditambahkannya, seluruh JCH harus mentaati peraturan karena melaksanakan ibadah haji bukan hanya pribadi, tetapi dilakukan secara kebersamaan. Apalagi peraturan yang ada dimanapun, dibuat bukan untuk orang-perorangan.
 
"Intinya, patuhi segala aturan, baik itu yang ditetapkan Pemerintah Indonesia maupun yang berlaku di Arab Saudi. Begitu pula dengan arahan atau petunjuk yang disampaikan ketua regu, ketua rombongan, ketua kloter, tenaga medis maupun petugas haji lainnya," pesannya lagi.
 
JCH yang tergabung dalam Kloter IV terdiri dari 445 orang. Terdiri dari 400 JCH yang berasal dari 8 kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Sedangkan sisanya 45 orang merupakan JCH dari Kota Pekanbaru.
 
Usai dilepas secara resmi, sekitar pukul 07.30 WIB, mereka langsung berangkat menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau, dengan menggunakan sekitar 10 bus yang disediakan panitia pemberangkatan.
 
Selanjutnya, mereka meninggalkan tanah air menuju Madinah Al Munawwarah sekitar pukul 09.30 WIB dengan menggunakan pesawat dari maskapai Kerajaan Arab Saudi, Saudi Arabian Airlines.
 
Pesawat yang membawa JCH Kloter IV ini, diperkirakan bakal mendarat di Bandara Internasional Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, sekitar pukul 17.30 WIB petang ini, atau sekitar pukul 13.30 siang waktu Arab Saudi. (das/hms)


Berita Lainnya

Index
Galeri