Labuhan Papan Ditetapkan Jadi Sentra Ternak Sapi

Labuhan Papan Ditetapkan Jadi Sentra Ternak Sapi
Sekertaris Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Nursal, menjadi narasumber bersama Kabid Kabid) Pengen
BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menetapkan Kepenghuluan Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan sebagai sentra ternak sapi. Penetapan daerah penghasil daging sapi ini ditandai dengan kunjungan kerja Bupati H Suyatno beberapa waktu lalu.
 
Hal itu disampaikan Sekertaris Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Nursal, Selasa (8/8/216) saat berkunjung ke Kantor Kepenghuluan Labuhan Papan. Nursal menjelaskan, Kepenghuluan Labuhan Papan telah membuktikan mampu mengembangbiakkan sapi potong bantuan pemerintah yang awalnya hanya 10 ekor kini menjadi 50 ekor lebih.
 
"Malahan bobot sapi-sapi itu dalam hitungan bulan mencapai batas maksimal per ekornya. Bnatuan diberikan pemerintah tahun 2013, dari 10 ekor kini menjadi 50 ekor lebih. Hanya dua tahun populasi sapi bantuan itu meningkat drastis. Makanya saat kunjungan bupati, beliau menetapkan Labuhan Papan sebagai daerah sentra ternak sapi," ungkap Nursal.
 
Nursal menambahkan, ditetapkannya Labuhan Papan sebagai sentra ternak sapi juga berdasarkan beebrapa kriteria. "Pertama masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani pengelola ternak bantuan benar-benar serius dan telah pula berhasil meningkatkan populasinya. Kedua, di daerah kita ini pakan ternak sapi sangat mudah didapat, selanjutnya iklim daerahnya mendukung," jelas Nursal.
 
Senada disampaikan Penghulu Labuhan Papan, Ahmad Sidi, dalam melakukan pembinaan kelompok tani sapi, dirinya selalu mencari dan memencahkan setiap persoalan dengan para anggota. "Malahan kita sudah dua kali mendapat kehormatan dari kabupaten/kota lainnya di Riau tentang bagaimana cara mengembangbiakkan ternak sapi. Atas prestasi ini, bisa dikatakan kita mengajarkan kabupaten/kota lainnya soal pengembangbiakkan sapi," ungkap Ahmad Saidi.
 
Bahkan, ungkap Ahamd Saidi, tak hanya soal ternak sapi potong. Pihaknya pun kini telah berhasil mengembangbiakkan ternak kambing. "Sama seperti sapi, bantuan ternak kambing kami dapat tahun 2014 dari salah satu perusahaan dari mulai 10 ekor kini menjadi lebih dari 50 ekor juga. Jadi daerah kita memang sangat mendukung untuk ternak sapi dan kambing," papar Ahmad Saidi. (cr1)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri