Ups... RSUD Kota Pekanbaru, Sekelas Puskesmas?

Ups... RSUD Kota Pekanbaru, Sekelas Puskesmas?
Ilustrasi

PEKANBARU -‎ Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru di jalan Garuda Sakti terus berjalan. Namun sayang, diperkirakan pelayanan RSUD tipe C itu sama seperti pelayanan Puskesmas.

Pasalnya, proyek multiyears itu tidak bisa diberikan kayanan rayat inap layaknya rumah sakit. Proyek senilai Rp90 miliar hanya bisa memberi layanan rawat jalan layaknya puskesmas.

"Kita 2017, Insya Allah siap untuk beroperasi, namun karena keterbatasan alat kesehatan kita belum bisa memberikan layanan rawat inap," ungkap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Diskes Pekanbaru, Rahmad, Rabu (10/8/2016). 

Rahmad berdalih, hal itu wajar untuk rumah sakit yang baru dibangun. Karena untuk kelengkapan alat kesehatan jauh lebih mahal dibandingkan dana yang digunakan untuk membangun sebuah rumah sakit.

"Ditaksir, anggaran yang dibutuhkan untuk alat kesehatan mencapai Rp180 miliar, dana ini sulit untuk berharap pada APBD kota Pekanbaru. Maka dari itu kita akan jemput bola ke Pemerintah pusat dan Provinsi untuk menyalurkan anggarannya ke RSUD kota Pekanbaru," terangnya.

Dia mengakui, tidak hanya persoalan alat kesehatan saja, tapi tenaga kesehatan juga belum mencukupi. Untuk itu sambil berjalan, Pemko Pekanbaru akan terus berbenah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat luas.

"Kita berharap, tahun depan ada bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat untuk kelengkapan RSUD kota Pekanbaru," imbuhnya. ‎‎(das)

 


Berita Lainnya

Index
Galeri