Kasus DBD di Pekanbaru Naik Dua Kali Lipat, Ini Datanya

Kasus DBD di Pekanbaru Naik Dua Kali Lipat, Ini Datanya
Ilustrasi

PEKANBARU - Terhitung sejak bulan Januari-Juli 2016, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat sudah 726 warga Pekanbaru terjangkit kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Jumlah ini meningkat dua kali lipat di banding tahun lalu.

“Lonjakan masyarakat yang terjangkit DBD memang naik jika dibandingkan tahun sebelumnya dalam kurun waktu yang sama,” kata Kepala Bidang Pengendalian Kesehatan Diskes Pekanbaru, Gustiyanti, Jumat (5/8/2016).

Lonjakan kasus DBD di Pekanbaru tahun ini bahkan dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Sepanjang tahun lalu, penderita DBD hanya sekitar 510 orang saja. Sementara, tahun ini, meski baru jalan setengah tahum sudah melebihi tahun lalu.

Lanjutnya, kasus tertinggi masih berada di Payung Sekaki, Marpoyan Damai dan Tampan. Dirinya menyebut tingginya angka DBD disebabkan cuaca yang tidak seperti biasa.

“Untuk kasus terbanyak berada di Kecamatan Payung Sekaki dengan 120 Kasus, Marpoyan Damai 94 Kasus dan Tampan 85 Kasus. Banyaknya kasus ini dikarenakan kondisi anomali cuaca menyebabkan nyamuk aedes aegepty cepat berkembang biak,” terangnya.

Ditanya soal langkah fogging, Gustiyanti mengatakan Diskes terkendala keterbatasan obat fogging. “Kita kan sudah bahas juga dengan Buk Kadis dalam setiap rapat evaluasi, supaya bisa diupayakan penambahan. Karena obat yang kita miliki terbatas,” ujarnya.

Banyaknya kasus DBD di Pekanbaru, Ia berharap masyarakat bisa membantu dengan rutin melakukan kebersihan lingkungan. Sebab, dengan rutin membersihkan pekarangan atau mengubur barang bekas dapat mencegah berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah.

“Harus mengedepankan 3M plus, jangan biarkan ada barang-barang yang bisa jadi tempat tergenang air menjadi sarang nyamuk DBD,” imbuhnya. (das)

Jumlah Kasus DBD Dari Minggu I sampai 30. (Bulan Januari-Juli 2016)

 

Payung Sekaki 120 Kasus

Marpoyan Damai 94 Kasus

Tampan 85 Kasus

Bukit Raya 81Kasus

Rumbai Pesisir 65 Kasus

Rumbai 61 Kasus

Sukajadi 55 Kasus

Tenayan Raya 49 Kasus

Lima Puluh 40 Kasus

Senapelan 31 Kasus

Pekanbaru Kota 23 Kasus

Sail 22 Kasus

 

Jumlah Total Kasus DBD di Pekanbaru 726


Berita Lainnya

Index
Galeri