Periksa Kesehatan Hewan Kurban, Distanak Pekanbaru Bentuk Empat Tim

Periksa Kesehatan Hewan Kurban, Distanak Pekanbaru Bentuk Empat Tim
El Syabrina

PEKANBARU - Hari raya Idul Adha tinggal satu bulan lagi. Untuk memastikan kesehatan hewan Kurban yang akan disembelih, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru membentuk empat tim.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Distanak Kota Pekanbaru, El Syabrina. Dia menuturkan, tim akan disebar ke lokasi-lokasi yang kerap dijadikan pedagang musiman untuk menjual hewan Kurban.

"Seperti di wilayah Kecamatan Rumbai, Tenayan dan juga di jalan Arifin Ahmad. Biasanya para pedagang musiman sapi Kurban ini ada di lokasi yang banyak lapangan sehingga mereka bisa meletakkan sapinya di sana sementara waktu sebelum dibeli. Baik pedagang dan juga lokasi berjualannya relatif sama setiap tahun," kata El Syabrina, Jumat (5/8/2016).

Lanjutnya, tim yang akan turun ke lapangan bertugas memeriksa kesehatan hewan Kurban. Biasanya, dari sekian banyak sapi Kurban yang dijual satu pedagang, pihaknya akan memeriksa satu sampel aja.

“Usai pemeriksaan kita akan berikan satu lembar surat keterangan kesehatan kepada pada pedagang hewan Kurban,” sebutnya.

Rencananya, tim pemeriksa hewan Kurban akan turun ke lapangan satu minggu sebelum hari raya Idul Adha. Kata dia, waktu satu minggu cukup untuk melakukan pemeriksaan.

"Fokus pemeriksaan selain ditujukan pada kesehatan hewan Kurban, tim juga memperhatikan fisik hewan Kurban apakah sudab sesuai Syariat Islam. Misalnya, tidak dalam kondisi cacat, tidak betina dan sudah cukup umur," terangnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri