Gara-gara Horor Sampah, Pekanbaru Gagal Lagi Raih Adipura

Gara-gara Horor Sampah, Pekanbaru Gagal Lagi Raih Adipura
Tugu Adipura Pekanbaru di Jalan Sudirman

PEKANBARU - Dua tahun berturut-turut Kota Pekanbaru gagal meraih piala Adipura. Penyebabnya, tak lain karena horor sampah yang terjadi beberapa waktu lalu di hampir seluruh wilayah di Pekanbaru.

Kepastian itu disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Pekanbaru, Zulfikri. Di provinsi Riau, hanya Siak yang meraih Adipura tahun ini.

“Ya, kita sudah pasti tidak dapat,” kata dia, Jumat (22/7/2016).

Meski tampak kecewa, namun Pemko Pekanbaru, kata Zulfikri harus menerima kenyataan. Gagalnya Pekanbaru meraih Adipura, menurut Zulfikri lantaran polemik sampah yang ditangani pihak ketiga, yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Padahal kita sudah berjuang dan berbenah. Tetapi gara-gara sampah yang kemarin sempat heboh, gagal raih Adipura,” ketusnya.

Zulfikri juga menyebut, pada awal penilaian untuk Adipura, Pekanbaru sebenarnya masuk nominasi peraih Adipura. Karena persoalan sampah sampai tingkat nasional, Pekanbaru gagal meraih Adipura.

“Karena nila setitik rusak susu sebelanga. Persoalan sampah sudah sampai nasional, jadi tidak mungkin dipaksakan,” ujarnya.

Tapi, kata dia, kegagalan ini akan menjadi evaluasi untuk tahun depan. “Pasti kita jadikan evaluasi. Termasuk adanya indikasi kesengajaan isu sampah ini terjadi,” imbuhnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri