Sampah Masih Berserakan, Firdaus: Mana Mungkin Masalah Sampah Saya Tanggung Sendiri

Sampah Masih Berserakan, Firdaus: Mana Mungkin Masalah Sampah Saya Tanggung Sendiri
Tumpukan sampah di jalan Rajawali

PEKANBARU - Sejak pemutusan kontrak pengangkutan sampah yang berujung pencopotan Edwin Supradana sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pekanbaru, permadalahan sampah tak kunjung usai. Tumpukan sampah sampai hari ini masih mudah ditemui di beberapa persimpangan jalan.

Menanggapi hal itu, Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT  mengatakan, permasalahan sampah di Pekanbaru bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saja. Kata dia, seluruh masyarakat harus punya keinginan untuk bersih, dengan alasan persoalan itu tak bisa diselesaikan sendiri.

"Mana mungkin masalah sampah saya tanggung sendiri, Firdaus cuma satu orang, sedangkan yang membuat sampah di Pekanbaru sebanyak 1,1 juta orang. Kalau 1,1 juta orang masayarakat Pekanbaru tidak punya keinginan untuk bersih, mana mungkin Firdaus bisa menyelesaikannya, jadi sekali lagi saya katakan, negara maju itu bukan karena pemerintahnya yang hebat, tapi masyarakatnya yang hebat," kata Firdaus, Rabu (20/7/2016) di Pekanbaru.

Dia meminta, untuk menyelesaikan persoalan sampah yang terjadi, secara bersama. Lanjutnya, apapun pembangunan yang akan dilakukan harus didukung oleh masyarakat. 

"Kalau pemerintah tidak didukung masyarakat dengan keinginan yang sama, pemerintah dan negara tidak akan pernah menjadi maju," sebutnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri