Virus Jembrana Serang Ternak Sapi Masyarakat Kuansing

Virus Jembrana Serang Ternak Sapi Masyarakat Kuansing
Ilustrasi.
TELUKKUANTAN - Sejumlah peternak sapi di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mulai resah karena beberapa minggu terakhir hewan yang mereka ternak banyak jatuh sakit bahkan mati akibat terserang penyakit aneh yang diduga sebagai virus Jembrana.
 
"Penyakitnya tidak jelas, untuk itu diminta agar instansi terkait turun ke lapangan," kata salah satu peternak sapi, Refliz di Teluk Kuantan, Rabu (13/7/2016) seperti dilansir Antara.
 
Ia mengatakan, perubahan cuaca juga mempengaruhi kondisi fisik sapi, banyak gejala yang timbul akibat lemahnya kesehatan ternak yang mengakibatkan kerugian petani di masa yang akan datang karena hewan itu sebagai penompang ekonomi kedepannya.
 
Diungkapkan Reflis juga, peternak minim obat-obatan, bahkan ada sejumlah peternak yang menyebutkan kondisi fisik ternak diserang virus, sementara sebagian peternak tidak mampu berbuat untuk menyembuhkannya karena minim anggaran. "Jika dibiarkan, maka warga yang mata pencaharian utamanya sebagai peternak akan menelan banyak kerugian," sebutnya.
 
Salah satu warga Kengerian Kopah, Amrizal juga menyebutkan, sejak beberapa minggu terakhir ini para peternak sapi di Kuantan Singingi dibuat resah karena merebaknya virus Jembrana yang menyerang hewan ternak mereka, akibatnya banyak sapi milik peternak yang mati.
 
"Di wilayah Kenegerian Kopah (Kuantan Tengah) hampir setiap hari ada saja sapi milik warga yang mati, ini terjadi sejak beberapa minggu terakhir, kalau dijumlahkan mungkin sudah puluhan ekor," ujarnya.
 


Berita Lainnya

Index
Galeri