UIN Imam Bonjol Lahirkan Doktor Pendidikan Islam, Putra Inuman Kuantan Singingi

UIN Imam Bonjol Lahirkan Doktor Pendidikan Islam, Putra Inuman Kuantan Singingi
Dr. Ahdanan Shaleh,S.Ag.,M.Pd

Kuansing- Satu lagi Putra terbaik Seberang Pulau Busuk Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi, Ahdanan Shaleh Meraih Gelar Doktor, Bidang Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Sumatera Barat.

Semangat Perjuangan tidak pernah berhenti selama lebih kurang 5 tahun menekuni pendidikan Strata 3 di UIN Imam Bonjol Padang Sumatera Barat.

Di tengah kesibukan menjadi anggota KPU sejak 2019 lalu. Ahdanan Shaleh Sang Komisioner KPU Kuantan Singingi Sempat terhenti selama 1 tahun karena aturan KPU yang tidak membolehkan kuliah selama menjadi anggota KPU.

Namun, di pertengahan tahun 2020, peraturan tersebut di diperbaharui sehingga Ahdanan Saleh dapat melanjutkan studinya kembali, setelah mendapatkan izin dari KPU RI, maka sejak 2020, disela tahapan Pemilihan Kepala Daerah proses penyelesaian study tetap dilanjutkan.

Dr. Ahdanan Shaleh,S.Ag.,M.Pd Kanan 

Pada hari Senin kemarin tanggal 18 Maret 2024, dimana hari yang ditunggu terwujud juga dengan di tetapkannya Ujian Promosi Doktor Ahdanan Shaleh.

Dengan Tim Penguji Disertasi Prof. Dr. Firdaus M.Ag, (Sebagai Ketua ), Drs.  Sarwan, MA., Ph. D, Prof. Dr. Abudin Nata, MA, Prof. Dr. Syafruddin Nurdin, M. Pd. CIQnR, CIQaR, Prof. Dr. Remiswal, S. Ag. M. Pd, Prof. Dr. Ahmad Sabri, M. Pd, Dr. Muhammad Zalnur.

Di akhir Ujian Ketua Tim Penguji mengumumkan hasil ujian terbuka Promosi Doktor di nyatakan lulus dengan Nilai Disertasi A dengan IPK 3.60, Predikat Sangat Memuaskan.

Ahdanan selaku Promependus, sangat terharu. Akhirnya perjuangan dengan penantian selama 5 Tahun tertunda hari ini terbayar sudah, kata Ahdanan dengan wajah penuh gembira.

Sekalipun dengan kesibukan di KPU semenjak tahapan Juni 2022 s/d Puncak nya Maret 2024, dengan berakhirnya rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilihan umum 2024, tuntas sudah.

Setelah Ahdanan selesai ujian menyampaikan, Saya menyadari perjuangan untuk menyelesaikan studi program doktor ini tidak mudah bagi saya, biaya kuliah yang cukup tinggi tampa ada beasiswa, bolak Balik PP Teluk Kuantan-Padang, untuk melakukan, seminar Proposal, FGD, Ujian tertutup dan Ujian Terbuka.

"Alhamdulillah semuanya terlewati, ini semua berkat support dari keluarga, Istri, anak, orang tua, abang adik serta sanak Saudara dan teman sejawat yang selalu ada," ujar Ahdanan dengan penuh haru.

Dr. Ahdanan Shaleh,S.Ag.,M.Pd Setelah Selesai Ujian Promosi Doktor di Universitas Islam Negeri Iman Bonjol  Padang.

Sekalipun di ujung studinya sempat timbul keraguan, 3 hari sebelum ujian tertutup tanggal 2 Pebruari 2024, Promotor/ Pembimbing Disertasi Prof Dr.H. Zulmuqim, MA, wafat.

Namun, Alhamdulillah pihak UIN IB tetap melanjutkan ujian sesuai jadwal. Akhirnya saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, yang telah memfasilitasi selama saya menempuh pendidikan, kata Ahdanan, ungkap Ahdanan.

Ahdanan mengucapkan banyak terima kasih kepada Muhammadiyah Kuantan Singingi, SMK Muhammadiyah Cerenti, Keluarga tercinta, Keluarga besar Pondok Pesantren Ahmad Dahlan, Keluarga Besar Perguruan Mu'allimin Muhammadiyah Teluk Kuantan, Yayasan Ulil Albab Kuantan Singingi, sahabat terbaik semasa kuliah, bilkhusus angkatan 2020.

Semoga apa yang saya peroleh bisa bermanfaat untuk institusi pendidikan Muhammadiyah khususnya dan pendidikan Nasional secara umum, Ummat dan persyarikatan Muhammadiyah, pungkas Ahdanan.


Berita Lainnya

Index
Galeri