36 Pejabat Pemko Pekanbaru Dilantik

Enam Pejabat Eselon II Diganti Tanpa Assesmen, Satu Tak Hadir

Enam Pejabat Eselon II Diganti Tanpa Assesmen, Satu Tak Hadir
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi melantik puluhan pejabat

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melantik 36 pejabat eselon II, III dan IV, Selasa (28/6/2016). Enam pejabat yang dilantik diantaranya eselon II, dilantik tanpa melalui assesmen.

Data yang didapat dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pekanbaru, 36 pejabat yang dilantik dengan rincian enam eselon II, 15 Eselon III dan 15 Eselon IV. Tapi, saat pelantikan hanya 33 pejabat saja yang hadir. Satu di antaranya pejabat eselon II, yaitu Yuliasman mantan Kepala Dispenda Pekanbaru.

Untuk jabatan eselon II, terjadi pergeseran posisi diantaranya Azwan MSi yang menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan, Dastrayani Bibra menjabat Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan menggantikan Neng Elida yang pindah ke Dinas Koperasi UMKM. 

Sementara Ingot Ahmad Hutasuhut menggantikan Azwan MSI di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Azharisman Rozie menjabat Kepala Dispenda dan Plt Asisten III Setdako Pekanbaru dan Yuliasman SH menjabat Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Pindahnya Azharisman Rozie ke Dispenda Kota Pekanbaru membuat Masriyah yang menjabat Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pekanbaru juga diberikan amanah baru menjabat Pelaksana Tugas (Plt) BKD Pekanbaru menggantikan Rozie.

Dalam pelantikan tersebut juga disaksikan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru HM Noer MBS, Asisten IV Mutia Eliza dan Kepala Inspektorat Pekanbaru Azmi MT.  Sementara Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat dan Lurah hadir langsung melihat pelantikan pejabat tinggi pratama dan administrator di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Ayat Cahyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan yang digelar untuk membenahi struktur oraganisasi, kapabilitas yang berkompeten. Selain itu, Wawako juga mengucapkan terima kasih kepada para pejabat yang telah bekerja dengan maksimal membantu Walikota Pekanbaru dan Wakil Walikota Pekanbaru.

"Mutasi ini hal yang biasa dalam pemerintahan dan bagi pejabat yang ditunjuk pun harus siap ditempatkan di mana saja," kata Ayat.

Dikatakan Ayat, kepada pejabat yang baru dilantik, hendaknya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang saat ini semakin berkembang, maka memerlukan tenaga yang handal.

"Pelantikan ini sesuatu keharusan untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Pilihan eselon ini juga telah melalui proses dan pertimbangan secara profesional dan proporsional, seperti untuk eselon II kan melalui assessment dan esselon III melalui pertimbangan Baperjakat," ujarnya.

Untuk itu, Ayat mengimbau, sebagai abdi negara selalu bekerja keras untuk mewujudkan Kota Pekanbaru yang sejahtera, tentunya dengan cara menjalankan tugas harus transparan dan meningkatkan upaya pengawasan. Selain itu, dalam mewujudkan visi Pekanbaru menjadi Kota metropolitan yang madani seluruh ASN juga harus mendukung.

"Harapan kita Pemerintah Kota Pekanbaru juga menjadi kawasan bebas korupsi, maka dari itu mari kita sama-sama memegang teguh fungsi kita sebagai pejabat," sebutnya.

Kepada pejabat yang dilantik Ayat meminta untuk bahu-membahu menyelesaikan persoalan yang ada di Kota Pekanbaru yang semakin komplit. Jangan hanya senang dengan mendapatkan jabatan, karena jabatan yang telah ditetapkan dalam pelantikan tersebut, sewaktu-waktu akan dilakukan evaluasi ulang.

"Kepada pejabat yang terpilih, jalankan tugas dengan sebaik mungkin. Karena jabatan tersebut tidak hanya dipertanggungkan di dunia saja, bahkan hingga akhirat akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Tuhan," imbuhnya. (yod)


Berita Lainnya

Index
Galeri