Buka MTQ Tingkat Kabupaten

Bupati Suhardiman : Jadikan MTQ Untuk Gelorakan Ciptakan Insan Cinta Al Qur'an

Bupati Suhardiman : Jadikan MTQ Untuk Gelorakan Ciptakan Insan Cinta Al Qur'an

Kuansing- Ribuan warga tumpah ruah di Halaman Kantor Camat Kuantan Hilir, Baserah, Di sepanjang rute untuk menyaksikan pawai Ta’aruf dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-21 Kabupaten Kuantan Singingi, Selasa (24/10/2023) siang.

Sebanyak 15 Kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti Pawai Ta’aruf dalam rangka Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an XXI Tingkat Kabupaten  Tahun 2023.

Pawai ta’aruf berlangsung sebagai tanda dibukanya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), dalam Pawai tersebut menampilkan beberapa iring-iringan Kebudayan khas masing-masing Kabupaten mengitari sejumlah ruas jalan di Baserah.

Salah satu warga yang berhasil diwawancarai selesai pawai ta’aruf, Arini (36) warga asal Pucuk Rantau menyebutkan dirinya rela dari ujung Kabupaten Kuansing yaitu Pucuk Rantau, berdesak desakan dengan warga lainnya untuk mengikuti pawai ta’aruf tersebut.

” Saya warga Pucuk Rantau, bela-belain datang dari pagi untuk menyaksikan pawai ini,” ungkap Arini , bahwa dirinya mendapatkan informasi terkait pelaksanaan MTQ dari tetangga rumahnya dan keluarganya yang ada di Baserah.

Tercatat jumlah peserta dan Official mencapai lebih kurang 500 lebih orang yang akan mengikuti delapan (8) cabang perlombaan, di antaranya cabang Tilawah, Qiraah Sab'ah, Hifzhil Quran, Fahmil Quran, Syariil Quran, Khattil Quran, Karya Tulis Ilmiah Quran (KTIQ), serta Tafsir Quran. Sedangkan peserta pawai ta'aruf mencapai ribuan orang.

Dalam sambutannya, Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM, berharap, melalui MTQ lahir insan yang bisa menggelorakan nilai nilai Qurani di tengah masyarakat.

Bupati Suhardiman juga menyebutkan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kuansing ini bertujuan untuk menjaring dan menetapkan peserta terbaik dari seluruh Kecamatan, untuk nantinya menjadi perwakilan Kabupaten Kuansing pada ajang MTQ tingkat Provinsi Riau yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir tahun 2023 mendatang di Kabupaten Indragiri Hilir.

Untuk itu, dirinya mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti ajang MTQ tahun ini dengan penuh semangat dengan menunjukkan kemampuan terbaik dari masing-masing peserta seraya terus berusaha dan berdoa kepada Allah SWT sehingga dapat memperoleh hasil dan prestasi yang membanggakan, harapnya.

Disamping itu, ia juga berpesan kepada para dewan hakim agar dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, sehingga penilaian yang diberikan nanti dapat menghasilkan suatu keputusan yang adil dan objektif.

Sementara  Camat Kuantan Hilir Edison Twindra, S.Pd., M.Si, juga berharap dukungan dari para Alim Ulama, Ninik Mamak, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan program Pemerintah dalam upaya pemantapan nilai-nilai syariat islam, sebagai wujud pembinaan bagi generasi muda dan masyarakat

"MTQ memiliki peran strategis dalam rangka memuliakan Al-Quran, sekaligus menjadi momentum bagi kita semua dalam mendidik generasi Alqur’an yaitu satu Desa 1 Tahfiz, sehingga senantiasa mengamalkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung sehingga Daerah kita ini menjadi Insani yang cinta Alqur'an” ungkapnya

Turut hadir dalam acara tersebut Waka I DPRD Kuansing H. Darmizar,  sejumlah Anggota DPRD Kuansing, Sekretaris Daerah Kuansing H. Dedy Sambudi., M.Kes, Kepala Kementrian Agama Efrion Efni., M.Ag, Kepala Kejaksaan Negeri Nurhadi Puspandoyo, SH., M.H, Wakapolres Kompol Lilik Surianto, S.ST., SH serta Forkopimcam, seluruh Kepala OPD, Penasehat Ahli Bupati Aherson, S.Sos., M.Si, Ketua TP PKK Yulia Herma Suhardiman., S.Pd, Ketua Dharma Wanita Ny. Susilawati Sambudi, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak serta ribuan masyarakat yang berkumpul di Halaman Kantor Camat Kuantan Hilir.


Berita Lainnya

Index
Galeri