Bupati Bengkalis Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri

Bupati Bengkalis Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri

BENGKALIS - Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Drs. Johansyah Syafri mengikuti  Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara daring, Senin (12/5/2023) di Ruang Rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis.

Rakor dengan agenda pembahasan perdagangan terhadap pasokan pangan yang diikuti oleh Kepala Daerah se-Indonesia ini diawali dengan penyampaian dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Dalam arahannya Mendagri mengatakan bahwa saat ini pemerintah pusat akan terus melakukan pengecekan secara langsung yang terjadi di lapangan.

Pengecekan ini, lanjut Tito, terdapat beberapa daerah yang mengalami kenaikan harga pada bulan Mei 2023, pendistribusian DMO minyak goreng rakyat dalam bentuk minyak kita sebesar 71.253 ton 38.23% dari total DMO bulan Mei atau hampir mencapai target 4%. Untuk itu di harapkan setiap daerah baik provinsi dan daerah kabupaten/kota harus sering melakukan koordinasi/rapat inflasi di daerahnya masing-masing.

Dan Tito juga menekankan, menjelang Hari raya Idul Adha yang hanya tinggal beberapa hari saja lagi pemerintah daerah perlu mewaspadai inflasi dan memastikan agar masyarakat dapat memperoleh pasokan yang cukup.

“Kepada semua pihak untuk dapat membantu pemerintah pusat melakukan monitor setiap minggu, dan jika perlu setiap hari. Agar, angka inflasi di Indonesia tidak naik secara drastis dan berdampak pada melambungnya harga yang menyebabkan efek domino ke masyarakat,” pinta Mendagri, Tito.

Menanggapi hal ini, Johansyah Syafri mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap melaksanakan arahan Mendagri. Dan kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan melakukan berbagai upaya dalam menekan inflasi ini.

“Untuk menekan inflasi kita akan terus berupaya melaksanakan berbagai strategi diantaranya melaksanakan operasi pasar idul Adha, pelaksanaan pasar murah, serta kegiatan lainnya di seluruh Kecamatan yang ada di Negeri Junjungan, dalam mengantisipasi melambungnya harga sembako dan gapokting ke masyarakat,” ujar Johan.

Turut hadir perwakilan Kodim 0303 Bengkalis Pelda Indratno, Kepala Bagian Perekonomian H. Khairi Fahrizal dan Perwakilan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Bengkalis. (infotorial/hery)


Berita Lainnya

Index
Galeri