Disperindag Riau Pesimis Harga Daging Bisa Rp80 Ribu Perkilogram

Disperindag Riau Pesimis Harga Daging Bisa Rp80 Ribu Perkilogram
Ilustrasi

PEKANBARU - Presiden RI Joko Widodo mengimbau agar Pemerintah Daerah menurunkan harga daging hingga Rp80 ribu perkilogram. Tapi, keinginan itu kemungkinan tidak akan terwujud di provinsi Riau.

"Kalau Rp80 ribu kita upayakan. Sekarang ini persoalannya ketersediaan daging dipasaran apakah sudah memenuhi kebutuhan. Apalagi sebagian besar kebutuhan daging kita masih dipasok dari provinsi lain seperti Lampung, Sumbar dan Sumbawa," kata Kepala Disperindag Riau, M Firdaus, Kamis (2/6/2016). 

Dikutip dari riauterkinicom, harga daging di pasaran khususnya di Pekanbaru rata-rata di kisaran Rp120 ribu hingga Rp130 ribu perkilogramnya. Dengan 'memaksa' pedagang menurunkan harga sebesar Rp80 ribu tentu akan berdampak pada pedagang yang saat ini sudah terlanjur membeli harga daging lebih tinggi. 

"Instansi terkait terus mengupayakan agar harga daging bisa diturunkan dengan memasok sapi hidup dari berbagai daerah. Harapannya tentu kebutuhan daging tersedia, harga pun bisa ditekan," ungkap Firdaus. 

Meski begitu, kalau pun ternyata harga tak bisa turun, Firdaus mengaku pihaknya punya jurus 'ampuh' dengan melakukan operasi pasar (OP). Menurutnya, bila OP digelar khususnya dikawasan padat penduduk yang membutuhkan, paling tidak bisa meringankan beban sekaligus menurunkan harga karena sudah terpenuhi. (das/rtc)


Berita Lainnya

Index
Galeri