Munawar Syahputra Minta Pemko Pekanbaru Atasi Banjir di Tangkerang Selatan

Munawar Syahputra Minta Pemko Pekanbaru Atasi Banjir di Tangkerang Selatan

PEKANBARU - Anggota DPRD Kota Pekanbaru Munawar Syahputra minta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera mengatasi masalah banjir di RW 03, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya. Apalagi, banjir di daerah tersebut sudah bertahun-tahun terjadi setiap musim hujan. 

Munawar setuju perlunya normalisasi atau pengerukan saluran air atau drainase di bawah Jl Sudirman, tepatnya depan RS Awal Bros. "Ya, itu salah satu solusi untuk menanggulangi banjir di Tangkerang Selatan," kata Munawar seperti dikutip dari kanalrestorasi.com, Selasa (15/11/2022). 

Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Pekanbaru ini menyayangkan lambannya penyelesaian banjir di daerah tersebut. Akibatnya, warga setempat menderita kerugian setiap hujan deras. 

Munawar berharap Pemko Pekanbaru turun ke Tangkerang Selatan untuk menentukan langkah apa selanjutnya agar banjir tidak lagi melanda kawasan itu. "Makanya harus dilihat ke lokasi untuk memastikan apa sebenarnya pemicu banjir," kata Munawar. 

Puluhan rumah terendam banjir di RW 03 RT 01 Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Minggu (13/11). Warga mengeluhkan buruknya sistem saluran air sehingga pemukiman tergenang banjir setiap hujan deras. 

Di pemukiman padat penduduk ini, sekitar 50 rumah terendam banjir dengan ketinggian air diperkirakan setengah hingga satu meter. Akibat banjir, aktivitas warga setempat terganggu karena terhambat luapan air. Warga terpaksa membuat tanggul di depan teras untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah. Penduduk mengaku khawatir genangan air merusak kendaraan dan peralatan rumah tangga. 

Warga sudah sering menyampaikan keluhan banjir kepada Pemko Pekanbaru. Namun, hingga kini belum ada perhatian untuk mengatasi bencana setiap musim hujan tersebut. Penduduk setempat menyatakan salah satu penyebab banjir adalah pendangkalan drainase. Warga berharap Pemko Pekanbaru melakukan pengerukan saluran air di Jl Sudirman, depan RS Awal Bros Pekanbaru. “Mohon perhatian dari Pemko Pekanbaru. Kami selalu khawatir setiap hujan deras. Tidak bisa beraktivitas,” kata seorang warga Arkadia. 

Banjir juga menyebabkan akses lalu lintas terhambat sehingga menimbulkan kemacetan di Jl Surabaya, Kelurahan Tangkerang Selatan, Pekanbaru. Ratusan kendaraan terjebak macet karena air menutupi badan jalan. “Kami sudah sering sampaikan masalah banjir ini. Tapi belum ada solusi hingga kini,” kata Arkadia.***


Berita Lainnya

Index
Galeri