Lelang Pasar Induk Tak Ada Peminat, Ini Penyebabnya

Lelang Pasar Induk Tak Ada Peminat, Ini Penyebabnya
Dr Firdaus ST MT
PEKANBARU - Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru membangun pasar induk di atas lahan seluas 3,2 hektar yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan tampaknya belum menemui titik terang. Meski lelang sudah dibuka jauh hari, proyek yang diperkirakan senilai Rp88 miliar belum ada investor yang berminat.
 
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT saat dikonfirmasi mengungkapkan sepinya peminat lelang pasar induk lantaran adanya regulasi yang selalu berubah-ubah. Berdasarkan laporan dari kepala Dinas Pasar (Dispas) Pekanbaru, regulasi tersebut dinilai memberatkan investor.
 
"Ini membuat ruang gerak menjadi sempit dan investor sendiri menjadi sulit masuk kalau regulasinya seperti itu. Karena investor pasti tidak ingin kalau investasinya besar tapi ruang geraknya terbatas," ungkap Walikota, Kamis (26/5/2016).
 
Untuk itu, kata Walikota, pihaknya akan berencana akan melalukan evaluasi terhadap lelang tersebut. Sebab proses lelang tahun ini merupakan kesempatan yang terakhir. Apabila nantinya lelang pasar induk itu masih sepi, maka Pemko Pekanbaru akan mengambil langkah lain, mengingat proses lelang sudah berlansung selama hampir satu tahun. 
 
"Lelang inikan sudah satu tahun lamanya. Kalau tahap akhir ini tidak ada juga peminatnya, maka di tahun 2017 akan kita bangun pasar induk menggunakan APBD," imbuhnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri