Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu MengantisipasI Penularan Penyakit Mulut Dan KakI (PMK) Sapi di Wilayah Kecamatan Cerenti

Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu MengantisipasI Penularan Penyakit Mulut Dan KakI (PMK) Sapi di Wilayah Kecamatan Cerenti

Kuansing- Babinsa Koramil 06/Cerenti, Kodim 0302/Inhu, bersama Babhinkamtibmas Polsek Cerenti dan instansi terkait, melaksanakan sosialisasi dan pencegahan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap ternak warga di Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti, Kamis(15/09/2022).

Untuk memantau dan mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kaki (PMK), Babinsa Koramil 06 Cerenti Kopda Mohamad Soleh ikut serta berpartisipasi bersama Masyarakat melaksanakan pengecekan dan memantau kesehatan hewan ternak khususnya sapi yang berada di Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti. 

Pemeriksaan hewan tersebut dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak milik warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak seperti sapi.

tujuan dilakukannya kegiatan tersebut untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK.

Karena itu, tidak hanya Babinsa, dinas terkait pun tidak bosan bosannya agar selalu mengimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya penyakit hewan ternak sapi tersebut.

Warga jangan takut melaporkan kepada Babinsa dan petugas lainnya jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (luka pada lidah).

Sementara itu, untuk saat ini dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa, hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK di wilayah Kecamatan Cerenti.


Berita Lainnya

Index
Galeri