Wujudkan Pelalawan Maju, Pemkab Siapkan SDM Unggul

Wujudkan Pelalawan Maju, Pemkab Siapkan SDM Unggul
Bupati Pelalawan dan Rektor Unilak saat penandatangan kerjasama peningkatan SDM.

PELALAWAN (Riaurealita) - Salah satu visi misi H Zukri Misran sebagai Bupati Pelalawan dan H Nasaruddin sebagai Wakil Bupati yakni Mewujudkan SDM Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Iman (Maju SDM). Untuk merealisasikan cita-cita tersebut, Bupati Pelalawan H Zukri telah melakukan berbagai upaya secara berkelanjutan dan terencana.

Pengembangan SDM Pelalawan merupakan bagian dari proses yang tidak terpisahkan serta tujuan dalam pembangunan daerah. SDM menjadi salah satu indikator penting dalam keberhasilan pembangunan yang digalakkan oleh pemerintah daerah. Tersebab itu pulalah H Zukri menempatkan sektor pendidikan dan peningkatan SDM sebagai bidang prioritas. 

"Kabupaten Pelalawan memiliki potensi sumber daya alam yang besar, untuk mengeksplor sumber daya itu dibutuhkan tenaga-tenaga terampil yang berkualitas dan profesional. Begitupun dengan pembangunan yang saat ini dan masa-masa akan datang membutuhkan SDM yang mumpuni untuk mewujudkan pembangunan yang diharapkan," tegas Bupati Pelalawan H Zukri Misran.

Melimpahnya kekayaan alam yang dimiliki oleh bumi Pelalawan, menjadi tujuan strategis bagi pelaku usaha untuk mengembangkan industri dan perkebunan yang memang menjadi magnet magis yang disediakan alam Pelalawan.

Menjamurnya industri dan meluasnya perkebunan berskala besar dalam mengelola sumber daya alam dan perkebunan tentunya harus disikapi dengan ketersediaan tenaga kerja andal dan profesional untuk menjawab tantangan pekerjaan yang ditawarkan.

Pemkab Pelalawan sudah lebih dulu memikirkan pola-pola penyediaan tenaga kerja andal tersebut dengan komitmen Pemkab Pelalawan dan Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I) di Langgam.

Pelantikan DR Muhammad Syafii sebagai Direktur ITP2I oleh Bupati Pelalawan H Zukri Misran.

"ITP2I memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu serta profesional sehingga mampu merancang dan menerapkan teknologi untuk perkelapasawitan. Menghasilkan penelitian yang dapat memberikan kontribusi ilmiah pada pengembangan teknologi pengelolaan dan pemanfaatan kelapa sawit. Harapan kita ITP2I menjadi pusat inovasi teknologi sebagai pengembangan pusat incubator bisnis menuju perguruan tinggi yang otonom dan mandiri," terang Rektor ITP2I M Syafi'i.

Cita-cita besar atas berdirinya ITP2I ini, dengan ciri khas pendidikan dan penelitian berbasis teknologi pengolahan dan pemanfaatan di bidang perkelapasawitan, menjadi bagian yang terintegrasi dari Kawasan Teknopolitan Pelalawan atau Sains Teknopark Pelalawan, sebagai pusat referensi internasional dalam bidang kelapa sawit melalui publikasi, promosi dan kerjasama internasional.

"Yang utama adalah menjadi sekolah tinggi berbasis inovasi dan teknologi, menciptakan SDM sesuai dengan 5 visi dan misi Bupati yang tertuang dalam Pelalawan Maju, di mana salah satunya yakni SDM Maju yang Agamis," tuturnya.

Sebelum ITP2I berdiri di ibu kota Kabupaten Pelalawan yakni Kota Pangkalan Kerinci sudah lebih berdiri perguruan tinggi vokasi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yaitu Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP).

Kini, sejak berganti nama menjadi Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) di Pelalawan di bawah naungan pengelolaan oleh Politeknik Negeri Padang (PNP), atau lebih dikenal Politeknik Negeri Padang (PNP) Kampus Pelalawan-Riau.

"Semoga niat tulus pak Bupati Zukri untuk menyiapkan SDM unggul dengan memajukan pendidikan tinggi di sini dimudahkan dan diridhoi Allah SWT,” kata pengelola PNP Kampus Pelalawan Yumisri.

Terkait dengan penyediaan SDM unggul, Bupati Pelalawan H Zukri menginginkan anak-anak yang tidak mampu dan yatim namun berprestasi di daerah ini dapat terus melanjutkan pendidikannya dengan difasilitasi Pemda. Dan semua biaya pendidikan ditanggung oleh Pemkab Pelalawan.

Bupati Pelalawan H Zukri Misran.

"Kita akan kuliahkan anak Pelalawan. Kita akan bangun banyak universitas. Anak yatim biaya pendidikan akan ditanggung oleh Pemerintah. Bila ada anak Pelalawan yang berkuliah di kedokteran akan dibantu oleh Pemerintah," tegas H Zukri.

Selain itu, demi mewujudkan SDM berkualitas, Pemkab Pelalawan juga mulai menjajaki kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi. Salah satunya Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Kerja sama ini terkait peningkatan sumberdaya manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat. Dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor Unilak Dr Junaidi dan Bupati Pelalawan Zukri Mirsan.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan MoU itu, Sekretaris Daerah H. Tengku Muklis, Kabag Protokol dan Humas, dan pejabat lainnya, Senin (23/5/2022) lalu.

Kepada Bupati Pelalawan, Junaidi menegaskan bahwa pihaknya siap membantu peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan. Program tersebut dalam rangka mendukung program kerja dan visi misi bupati.

"Beberapa tawaran yang diberikan Unilak kepada Pemkab Pelalawan di antaranya program pengabdian kepada masyarakat, fasilitasi kepala desa, ASN, dan masyarakat untuk kuliah," ungkapnya. Junaidi kemudian membeberkan bahwa saat ini beberapa anak dari Kabupaten Pelalawan juga telah mendapatkan beasiswa di Unilak.

"Kami memandang kepala desa memiliki peran strategis dalam pembangunan karena ujung tombak pemerintah, baik pemda maupun pusat. Peran kepala desa yang besar tentu harus ditunjang dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan aktivitas pemerintahan desa," katanya juga.

Pihaknya menawarkan kepada kepala desa yang belum sarjana untuk dapat melanjutkan pendidikan S1. Bagi mereka yang telah sarjana dapat melanjutkan studi S2.

Rektor menjelaskan, dengan peningkatan manajemen desa, pengetahuan di bidang pemerintahan, hukum, sosial, dan ekonomi, tentu akan menunjang dan menambah kemampuan dari perangkat desa. "Tidak hanya kepala desa namun juga ASN Pelalawan, bisa juga guru-guru di Pelalawan," ucap Junaidi.

Rektor Unilak dalam pertemuan itu mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pelalawan yang telah memberikan kesempatan untuk menjalin MoU yang telah dinantikan oleh jajaran Unilak. 
"Pak Bupati masih muda dan energik. Kami mendoakan beliau tetap sehat dan suskes menjadi pemimpin," sebut Junaidi.

Sementara itu, Bupati Zukri memberi apresiasi terkait usulan dalam memfasilitasi perangkat desa, ASN, dan guru untuk peningkatan akademik. Hal itu lantaran sejalan dengan visi Pemkab Pelalawan.

"Saya sangat tertarik dengan Prodi Bisnis Digital di Unilak. Saya pikir Unilak sangat cepat berproses menangkap peluang itu. Karena Prodi ini saya pikir bagus dan menjadi incaran banyak orang. Sebab kita sudah beralih dari konvensional ke digital," ujar H Zukri.

Pada kesempatan itu, Bupati Pelalawan juga menyampaikan program kerja Pemkab Pelalawan. Dijelaskan, Pemkab Pelalawan berkomitmen untuk peningkatan pendidikan, SDM, dan kesejahteraan. "Beasiswa yang tadi untuk S1 kini telah kami lakukan untuk S2 dan Doktor. Ini telah menjadi program dalam visi misi kami saat memimpin Pelalawan," jelasnya. (Advertorial)


Berita Lainnya

Index
Galeri